Find and Follow Us

Sabtu, 14 Desember 2019 | 12:26 WIB

Presiden Brasil: DiCaprio Kasih Uang Bakar Amazon

Senin, 2 Desember 2019 | 09:33 WIB
Presiden Brasil: DiCaprio Kasih Uang Bakar Amazon
Aktor Hollywood Leonardo diCaprio - (Foto: BBC)
facebook twitter

INILAHCOM, Braslia--Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuding aktor Hollywood Leonardo diCaprio "memberi uang untuk membakar Amazon", tulis BBC, Senin (2/12/2019).

Bolsonaro menyatakan tudingan terhadap DiCaprio dalam sambutan seingkatnya di kediaman presiden, Jumat pekan lalu.

"Leonardo DiCaprio itu pria yang keren, bukan? Memberikan uang untuk membakar Amazon."

Sang presiden tidak memberikan bukti kuat atas klaimnya, namun sebelumnya dia juga menuding sebuah LSM yang mengkritik kebijakannya sebagai penyebab kebakaran yang menghanguskan hutan hujan Amazon tahun ini.

Beberapa penangkapan telah dilakukan meski dianggap kontroversial dan merupakan tuduhan tanpa bukti kuat.

Organisasi lingkungan PBB, World Wildlife Fund (WWF), juga membantah tudingan Bolsonaro yang menyebut organisasi itu membayar foto-foto yang diambil oleh petugas kebakaran yang ditangkap, yang sejak itu telah dirilis.

Bolsorano mengatakan: "Jadi, apa yang dilakukan LSM? Apa hal yang paling mudah? Membakar hutan. Ambil gambar, buat video. [WWF] melakukan kampanye melawan Brasil, menghubungi Leonardo DiCaprio, dia menyumbang US$500.000.

"Sebagian dari itu ditujukan kepada orang-orang yang membakar hutan. Leonardo DiCaprio, Anda berkontribusi terhadap kebakaran di Amazon, itu tidak akan berhasil," ujarnya.

DiCaprio yang memberi sumbangan US$5 juta, atau sekitar Rp70 miliar, untuk Amazon, membantah klaim Bolsonaro.

Aktor dan aktivis lingkungan itu telah merilis pernyataan yang mengatakan: "Meskipun mereka tentu saja layak didukung, kami belum mendanai organisasi yang saat ini sedang diserang. Masa depan ekosistem yang tidak tergantikan ini dipertaruhkan dan saya bangga menjadi bagian dari kelompok yang melindungi mereka."

Kebakaran yang menghanguskan Amazon pada Agustus lalu menyebabkan kekhawatiran global akan "paru-paru bumi". [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x