Find and Follow Us

Kamis, 14 November 2019 | 21:14 WIB

Pemimpin Korut: Hancurkan Semua Hotel Korsel

Kamis, 24 Oktober 2019 | 13:28 WIB
Pemimpin Korut: Hancurkan Semua Hotel Korsel
(Foto: bbc)
facebook twitter

INILAHCOM, Pyongyang--Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, memerintahkan penghancuran semua hotel dan bangunan lainnya yang dibangun Korea Selatan (Korsel) di sebuah resor wisata terkenal.

Kim, sebagaimana dilaporkan media pemerintah Korut, seperti dilansir BBC, Kamis (24/10/2019), menyebutkan kompleks wisata di Gunung Kumgang dibangun "seperti tenda bongkar-pasang di area terpapar bencana".

Resor wisata yang terletak di bagian timur Korut itu dulunya disanjung sebagai simbol kerja sama antarKorea.

Namun, setelah berkunjung ke lokasi tersebut, Kim mengatakan akan lebih baik apabila kompleks wisata itu dikelola tanpa keterlibatan Seoul.

Sejumlah koresponden mencatat komentar Kim sejalan dengan propaganda Korut akhir-akhir ini yang menekankan pentingnya mengutamakan "kemandirian" guna bertahan hidup dan mencapai kesuksesan.

Resor Gunung Kumgang yang menyajikan pemandangan bagi para wisatawan dibangun pada 1990-an oleh perusahaan-perusahaan Korsel.

Ratusan ribu turis asal Korsel diizinkan mengunjungi tempat itu melalui pengawasan ketat. Pada 2008, tur wisata ke sana mendadak ditiadakan setelah seorang wisatawan perempuan ditembak mati oleh seorang penjaga Korut.

Pada 2011, Korut mendadak menyita semua aset Korsel di komplek itu dan mengusir semua orang Korsel dari sana.

Sebagaimana dilaporkan kantor berita Korut KCNA, Kim bertandang ke resor itu dan menyatakan bangunan-bangunan di Gunung Kumgang "kumuh" dan "campuran tidak jelas tanpa karakter nasional sama sekali".

"Dia menginstruksikan untuk membuang semua fasilitas Korsel yang tidak sedap dipandang dan mendirikan fasilitas baru sendiri yang modern," sebut KCNA.

Kim mengatakan bahwa salah kaprah jika ada yang memandang resor itu sebagai simbol hubungan Utara-Selatan. Menurutnya, lokasi itu justru menyimbolkan ketergantungan.

"Gunung Kumgang adalah tanah kita yang diperjuangkan dengan darah. Bahkan tebing dan pohon di sini berkaitan dengan kedaulatan dan martabat kita," cetus Kim seperti dikutip KCNA.

Media pemerintah Korut senantiasa menggambarkan Kim Jong-un sebagai pemimpin kuat yang inspiratif.

Awal bulan ini, KCNA merilis serangkaian foto yang memperlihatkan Kim menjelajahi gunung tertinggi di Korut, Gunung Paektu, dengan menunggang seekor kuda putih.

Adapun hubungan Korut dan Korsel kini berada pada taraf yang rendah.

Korut berang terhadap Korsel yang melanjutkan latihan militer gabungan dengan AS sehingga musim panas ini Pyongyang menolak berunding dengan Seoul. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x