Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 09:16 WIB

12 Capres Demokrat Dukung Pemakzulan Trump

Kamis, 17 Oktober 2019 | 07:17 WIB
12 Capres Demokrat Dukung Pemakzulan Trump
Dari kiri: Senator Bernie Sanders, mantan Wapres Joe Biden dan Senator Elizabeth Warren - (Foto: voanews)
facebook twitter

INILAHCOM, Westerville--Selusin calon presiden dari Partai Demokrat mengadakan perdebatan sengit di kota Westerville, negara bagian Ohio. Mereka juga melancarkan serangan atas Presiden Donald Trump. Demikian laporan VOA, Kamis (18/10/2019).

Topik penting dalam perdebatan itu adalah penyelidikan pemakzulan atas Presiden Trump dan usahanya mendesak Ukraina supaya melancarkan penyelidikan korupsi atas mantan wakil Presiden Joe Biden, saingannya yang paling kuat dalam pemilihan presiden tahun depan.

Tapi Joe Biden punya jawaban atas tuduhan itu.

"Rudy Giuliani, presiden Trump dan para tukang pukulnya telah membuktikan bahwa mereka telah terang-terangan berdusta. Yang harus kita lakukan kini adalah memusatkan perhatian pada Donald Trump. Ia tidak menghendaki saya menjadi calon lawannya. Ia berusaha menjatuhkan saya, karena ia tahu, kalau saya mendapat nominasi dari Partai Demokrat sebagai calon presiden, saya akan bisa mengalahkannya dengan mudah," katanya.

Ke-12 calon partai Demokrat itu semuanya mendukung penyelidikan pemakzulan, termasuk senator Elizabeth Warren dari negara bagian Massachusetts. Ia hampir sama kuat dengan Joe Biden dalam berbagai pol pendapat umum.

"Impeachment atau pemakzulan adalah cara yang kita pilih supaya orang ini tidak bisa melanggar hukum terus-menerus tanpa konsekuensi," ujar Warren.

Debat calon presiden itu juga diikuti oleh Senator Bernie Sanders yang baru sembuh dari operasi jantung. Ia memperingatkan bahwa selain isu pemakzulan ada hal lain yang harus diperhatikan.

"Saya kira akan terjadi bencana kalau rakyat Amerika hanya memikirkan bagaimana menjatuhkan Trump dan melupakan bahwa 87 juta warga Amerika tidak punya asuransi kesehatan," tukas Sanders.

Juga terjadi perdebatan sengit tentang jaminan kesehatan, pengawasan senjata api dan keputusan Presiden Trump menarik pasukan AS dari Suriah.

Keputusan Trump itu dikecam keras oleh kandidat calon presiden Pete Buttigieg.

"Pembantaian yang sedang terjadi di Suriah bukan disebabkan oleh kehadiran pasukan Amerika, tapi karena penarikan pasukan Amerika dan pengkhianatan yang dilakukan presiden ini atas sekutu-sekutunya, dan nilai-nilai yang dianut Amerika," kata Buttigieg.

Debat berikutnya calon-calon presiden Partai Demokrat itu akan diadakan tanggal 20 November di negara bagian Georgia. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x