Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 10:08 WIB

Pemakzulan Trump, Topik Perdebatan Capres Demokrat

Rabu, 16 Oktober 2019 | 12:13 WIB
Pemakzulan Trump, Topik Perdebatan Capres Demokrat
(Foto: VoaNews)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta--Selusin calon kandidat presiden Partai Demokrat akan berdebat hari Selasa (15/10) malam atau Rabu (16/10/2019) pagi WIB di kota Westerville, negara bagian Ohio, untuk mendapatkan nominasi partainya guna melawan Presiden Donald Trump tahun depan.

Ini adalah debat terbuka keempat sejak bulan Juni, dan kata para pengamat kemungkinan besar para kandidat presiden itu akan memusatkan perhatian pada usaha pemakzulan Presiden Trump.

Minggu lalu, kandidat terdepan dan mantan wakil Presiden Joe Biden menyerukan segeranya Presiden Trump dimakzulkan, ketika ia berpidato di Rochester, negara bagian New Hampshire.

"Ia telah menunjukkan kesalahannya sendiri di muka rakyat Amerika dan dunia," kata Biden. "Donald Trump telah melanggar sumpah jabatan, mengkhianati bangsa Amerika dan melakukan berbagai tindakan yang bisa dijadikan alasan untuk memakzulkannya," tambah Biden.

Kelompok Demokrat dalam DPR mulai mengadakan penyelidikan pemakzulan itu setelah muncul laporan seorang pembocor rahasia atau whistleblower tentang percakapan telpon antara Presiden Trump dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tanggal 25Juli lalu.

Transkrip percakapan telpon itu menunjukkan Trump mendesak Zelensky untuk segera menyelidiki Biden dan putranya Hunter, yang pernah bekerja untuk sebuah perusahaan energi Ukraina. Trump mengatakan tidak ada yang salah dalam pembicaraan telpon itu, tapi pihak Demokrat mengatakan, minta bantuan pemerintah asing untuk membantu kampanye pemilihan presiden tahun depan, adalah tindakan yang melanggar hukum dan bisa digunakan sebagai dasar pemakzulan. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x