Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 02:18 WIB

Sinagoge di Jerman Diserang, Dua Orang Tewas

Kamis, 10 Oktober 2019 | 12:09 WIB
Sinagoge di Jerman Diserang, Dua Orang Tewas
(Foto: BBC)
facebook twitter

INILAHCOM, Berlin--Seorang pria bersenjata membunuh dua orang di Jerman timur setelah berusaha masuk ke sebuah sinagoge tempat puluhan orang sedang merayakan hari besar Yahudi.

Tersangka menyiarkan serangan tersebut secara langsung di sebuah platform video gim sebelum ditangkap. Demikian BBC, Kamis (10/10/2019).

Video tersebut, yang sekarang sudah dihapus, menunjukkan si tersangka melontarkan komentar anti-Semit di depan kamera sebelum berangkat ke sebuah sinagoge di kota Halle dan menembaki pintunya.

Setelah usahanya untuk masuk gagal, ia menembak dua orang di jalanan terdekat hingga tewas.

Tersangka adalah warga Jerman berusia 27 tahun yang bertindak sendirian, menurut media setempat.

"Menurut jaksa federal ada indikasi yang cukup untuk kemungkinan motif ideologi ekstrem kanan," kata Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer.

Video dari lokasi kejadian tampaknya menunjukkan tersangka mengenakan pakaian militer dan menggunakan beberapa senjata dalam serangan.

Kanselir Jerman Angela Merkel menghadiri acara menyalakan lilin untuk mengenang para korban di sinagoge terbesar di Berlin.

Serangan terjadi di kota Halle sekitar pukul 12:00 waktu setempat (17:00 WIB) pada hari Rabu (9/10/2019).

Max Privorotzki, pemimpin komunitas Yahudi setempat, mengatakan upaya serangan terhadap sinagoge tertangkap kamera pengawas.

"Kami melihat melalui sistem kamera pengawas di sinagog kami bahwa pelaku bersenjata berat dengan helm baja dan pistol berusaha menembak pintu kami sampai terbuka," katanya kepada surat kabar Stuttgarter Zeitung.

"Pria itu terlihat seperti anggota pasukan khusus... Tapi pintu kami bertahan."

Privorotzki mengatakan sekitar 70 atau 80 orang sedang berada di dalam sinagoge saat itu.

Setelah tampak frustrasi karena gagal untuk masuk, tersangka kemudian diduga menembak ke jalanan dan membunuh seorang wanita di dekat sinagoge, sebelum membunuh seorang pria di sebuah toko kebab setempat.

Polisi mengatakan pelaku ditangkap setelah melarikan diri dari tempat kejadian. Mereka belum secara resmi menyebutkan namanya tapi media lokal mengatakan pelaku adalah warga Jerman berusia 27 tahun.

Laporan awal menyebut orang lain mungkin telah terlibat, tapi penjagaan ketat polisi di lokasi kejadian telah ditarik.

Platform video gim Twitch mengonfirmasi bahwa tersangka menyiarkan serangannya di situs web streaming mereka. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x