Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 02:24 WIB

Mesir Kutuk Serangan Turki ke Suriah

Kamis, 10 Oktober 2019 | 11:08 WIB
Mesir Kutuk Serangan Turki ke Suriah
Serangan udara Turki ke Suriah - (Foto: voanews)
facebook twitter

INILAHCOM, Kairo--Mesir mengutuk keras agresi Turki di wilayah Suriah dan menyebut serangan tersebut "merupakan serangan secara terang-terangan dan tidak dapat diterima terhadap kedaulatan negara Arab yang bersaudara."

Kementerian Luar Negeri Mesir dalam pernyataan, seperti dikutip dari VOA, Kamis (10/10/2019), menyerukan kepada Liga Arab untuk mengadakan pertemuan darurat atas serangan Turki ke Suriah.

Turki melancarkan operasi militer terhadap pejuang Kurdi di bagian timur laut Suriah hari Rabu (9/10/2019), hanya beberapa hari setelah pasukan AS ditarik dari daerah itu.

Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan, tujuannya adalah untuk menghapus apa yang disebutnya sebagai "koridor teror" di perbatasan selatan Turki, tetapi negara-negara Eropa meminta Turki untuk menghentikan serangannya.

Turki telah siap memasuki timur laut Suriah sejak pasukan AS, yang selama ini sudah berperang melawan ISIS bersama pasukan pimpinan Kurdi, mulai meninggalkan Suriah atas perubahan kebijakan secara mendadak oleh Presiden Amerika Donald Trump.

Pengeboman Turki di timur laut Suriah menewaskan sedikitnya dua warga sipil, kata seorang milisi Kurdi.

"Dua warga sipil tewas dan dua lainnya terluka dalam pemboman udara Turki" di sebuah desa di sebelah barat wilayah perbatasan Ras Al-Ain, kata pusat koordinasi dan operasi militer Pasukan Demokratik Suriah (SDF). [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x