Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 09:16 WIB

Pemakzulan Trump Semakin Tegang

Jumat, 4 Oktober 2019 | 10:45 WIB
Pemakzulan Trump Semakin Tegang
Presiden AS Donald Trump - (voanews)
facebook twitter

INILAHCOM, Washington DC--Proses pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump yang sedang dlakukan Kongres semakin tegang setelah Trump secara terbuka mendesak pemerintah asing untuk menginvestigasi lawan politiknya.

Menjawab pertanyaan para wartawan di Halaman Gedung Putih, seperti dikutip dari VOA, Jumat (4/10/2019), Trump ditanya tentang pertolongan apa yang dia inginkan dari Presiden Ukraina Volodmyr Zelenskiy dalam percakapan telepon 25 Juli lalu.

"Saya merekomendasikan agar mereka mulai memeriksa mantan wakil presiden Joe Biden dan putranya," ujar Trump.

Trump, dalam beberapa hari terakhir, telah berulangkali menyerang mantan Wakil Presiden Joe Biden, yang kini memimpin sebagai kandidat presiden Partai Demokrat, menyatakan Biden telah menyalahgunakan kekuasaannya dengan menekan Ukraina agar menghentikan penyelidikan kriminal yang diduga melibatkan putranya, Hunter, yang bekerja untuk perusahaan energi Burisma di Kyiv.

Trump, sebelum menaiki helikopter untuk perjalanan sehari ke Florida, menuduh Biden telah "menipu" Ukraina dan juga China.

"China sebaiknya memulai pemeriksaan terhadap Biden dan putranya," kata Trump.

Trump telah menuduh Hunter Biden menggunakan pesawat Air Force Two pada tahun 2013 untuk mendapat US$ 1,5 miliar dari China untuk dana ekuitas perusahaan swasta yang dibentuk anak wakil presiden itu.

Demokrat menyebut pernyataan Trump hari Kamis sebagai contoh tindakan memanfaatkan posisinya sebagai presiden untuk kepentingan politik pribadinya. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x