Find and Follow Us

Sabtu, 14 Desember 2019 | 06:56 WIB

PM Pakistan Mediasi Konflik AS dan Iran

Rabu, 25 September 2019 | 17:17 WIB
PM Pakistan Mediasi Konflik AS dan Iran
PM Pakistan Imran Khan - (Foto: AP Photo)
facebook twitter

INILAHCOM, New York--Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengatakan bahwa dia berusaha melakukan mediasi guna mengurangi ketegangan antara AS dan Iran.

Khan berbicara kepada reporter di sela-sela Sidang Umum PBB, sehari setelah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Donald Trump dan Presiden Iran Hassan Rouhani. Demikian laporan VOA, Rabu (25/9/2019).

"Presiden Trump minta saya, apakah kami bisa mengurangi ketegangan dan kemungkinan menyusun persetujuan lain. Jadi, saya sampaikan ini kepada Presiden Iran dan ya, kami berusaha sebisanya. Ini merupakan usaha yang sedang berlangsung dan saya tidak bisa membeberkan lebih dari itu," kata Khan.

Khan menambahkan, dia telah berhenti di Arab Saudi dalam perjalanan ke New York, dan membahas dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengenai ketegangan di kawasan setelah serangan terhadap instalasi minyak pada 14 September.

"Dia juga minta saya berbicara dengan presiden Iran," kata Khan tanpa memerinci lebih lanjut.

Washington menyalahkan Iran atas serangan itu, dan pejabat AS telah mengatakan mereka akan menyajikan bukti untuk mendukung tuduhan itu. Teheran membantah keterlibatan dalam serangan itu yang diklaim oleh pembrontak Houthi di Yaman yang sedang bertempur dengan koalisi militer pimpinan Saudi. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x