Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 02:01 WIB

Toilet Emas 18 Karat Dicuri dari Pameran

Minggu, 15 September 2019 | 22:23 WIB
Toilet Emas 18 Karat Dicuri dari Pameran
(Foto: bbci)
facebook twitter

INILAHCOM, London--Toilet yang terbuat dari emas murni 18 karat telah dicuri dari pameran seni di Istana Blenheim, Inggris.

Sekelompok maling mendobrak masuk ke istana di Oxfordshire itu pada hari Sabtu sekitar pukul 04:50 BST (10:50 WIB) dan mencuri karya seni itu, kata Polisi di Thames Valley, seperti dilaporkan BBC, Minggu (15/9/2019).

Toilet yang sepenuhnya berfungsi tersebut--berjudul Amerika, dan para pengunjung dipersilakan untuk memakainya--belum ditemukan, tapi seorang pria berusia 66 tahun telah ditangkap. Pria tersebut kini berada dalam tahanan polisi.

Aksi pencurian tersebut menyebabkan "banjir dan kerusakan yang signifikan" karena toiletnya terhubung dengan sistem perpipaan gedung, kata polisi.

Toilet emas merupakan bagian dari pameran karya seniman konseptual Italia Maurizio Cattelan, yang dibuka pada hari Kamis (12/9/2019).

Istana Blenheim telah berdiri sejak abad ke-18, dan merupakan Situs Warisan Dunia serta tempat kelahiran mantan PM Inggris Sir Winston Churchill. Rumah bersejarah itu ditutup, sementara polisi melakukan penyelidikan.

Berbicara bulan lalu, Edward Spencer-Churchill--saudara tiri Duke of Marlborough saat ini--berkata ia tidak terlalu khawatir mengenai keamanan karya seni tersebut.

"Ini tidak akan semudah itu dicuri," katanya.

Inspektur Detektif Jess Milne, mengatakan: "Karya seni yang dicuri adalah toilet bernilai tinggi yang terbuat dari emas, yang dipajang di istana. Kami percaya sekelompok pelaku menggunakan sedikitnya dua kendaraan saat bertindak. Karya seni tersebut belum ditemukan kembali saat ini, tapi kami sedang melakukan penyelidikan menyeluruh untuk menemukannya dan membawa pihak yang bertanggung jawab ke pengadilan."

Kepala eksekutif Istana Blenheim, Dominic Hare, mengatakan mereka "sedih dengan peristiwa luar biasa ini, tapi juga merasa lega karena tidak ada yang terluka".

"Kami berharap karya indah dari teman baik kami Maurizio Cattelan terabadikan oleh tindakan konyol dan tidak berguna ini," tambahnya.

Toilet emas itu pernah ditawarkan kepada Presiden AS Donald Trump pada tahun 2017. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x