Find and Follow Us

Selasa, 17 September 2019 | 07:41 WIB

Rusia dan Ukraina Tukar Tahanan

Minggu, 8 September 2019 | 11:03 WIB
Rusia dan Ukraina Tukar Tahanan
(Foto: voanews)
facebook twitter

INILAHCOM, Kyiv --Pertukaran tahanan yang telah diantisipasi sejak lama antara Rusia dan Ukraina telah berlangsung. Demikian VOA, Minggu (8/9/2019).

Pertukaran memberi harapan dimulainya upaya-upaya baru untuk mengakhiri perang di Ukraina timur antara pasukan Ukraina dan para separatis yang didukung Rusia.

Pada Sabtu (7/9/2019) dinihari, dua bus terlihat meninggalkan Penjara Lefortovo di Moskow. Sementara sebuah pesawat dengan simbol negara Ukraina mendarat di bandara Vnukovo di ibu kota Rusia, di hari yang sama.

Pergerakan serupa dilaporkan terjadi di Kyiv, sementara kedua belah pihak mengoordinasi pemindahan dan pemulangan 35 warga negara mereka.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy ikut menyambut kedatangan para warga Ukraina di tarmak bandara di Kyiv yang disambut para keluarga dengan haru.

Zelenskiy berkeras pertukaran itu merupakan langkah untuk "mengakhiri perang yang mengerikan," merujuk pada konflik lima tahun antara Ukraina dengan para separatis pro-Rusia di Ukraina timur yang telah menewaskan sekitar 13.000 orang.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan sentimen serupa dalam pidatonya awal pekan ini.

"Ini akan menjadi langkah maju dan baik ke depan menuju normalisasi hubungan dengan Ukraina," kata Putin seraya mengisyaratkan bahwa pertukaran tahanan "besar-besaran" hampir selesai. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x