Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 10:31 WIB

China Bisa Jadi "Jalan Baru" Bagi Korea Utara

Jumat, 6 September 2019 | 11:36 WIB
China Bisa Jadi
Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan delegasi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara Yong Ho di Pyongyang, Korea Utara. - (voanews)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta--China mungkin menjadi "jalan baru" bagi Korea Utara jika diplomasi dengan AS gagal.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi telah bertemu dengan seorang pejabat senior Korea Utara di Pyongyang dalam kunjungan tiga hari yang dimulai Senin, demikian menurut Kementerian Luar Negeri China.

Wang mengatakan kepada Ri Su Yong, wakil ketua Partai Buruh yang berkuasa di Korea Utara, kemakmuran China tidak bisa dihambat oleh negara manapun, yang tampaknya merujuk pada AS yang sedang terlibat sengketa perdagangan dengan China.

Wang mengatakan Beijing dan Pyongyang harus meningkatkan kerja sama dan melindungi kepentingan bersama mereka, sementara Ri berharap mempererat hubungan, sebagaimana dikatakan Kementerian Luar Negeri China.

Diplomat China itu juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho pada Selasa (3/9/2019), dan Ri mengatakan Korea Utara bersedia bekerja sama dengan China untuk mengembangkan hubungan pada "era baru".

Kunjungan Wang ke Pyongyang secara luas diyakini sebagian merupakan persiapan kemungkinan pertemuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x