Find and Follow Us

Selasa, 17 September 2019 | 08:01 WIB

Anggota Dewan Kedaulatan Sudan Dilantik

Kamis, 22 Agustus 2019 | 13:13 WIB
Anggota Dewan Kedaulatan Sudan Dilantik
Jenderal Abdel-Fattah Burhan - (Foto: AFP)
facebook twitter

INILAHCOM, Khartum--Panglima militer Sudan dilantik sebagai ketua dewan gabungan militer-sipil untuk memerintah negara itu sampai pemilihan dapat diselenggarakan dalam tiga tahun.

Jenderal Abdel-Fattah Burhan dilantik untuk memimpin Dewan Kedaulatan yang beranggotakan 11 orang setelah perundingan berminggu-minggu yang menegangkan antara militer dan demonstran sipil. VOA melaporkan, Kamis (22/8/2019).

Burhan, yang berusia 59 tahun, akan memimpin dewan itu selama 21 bulan pertama, kemudian digantikan seorang pemimpin sipil yang ditunjuk oleh gerakan pro-demokrasi selama 18 bulan berikutnya.

Burhan telah mengetuai dewan militer yang mengambil alih negara itu setelah tentara menyingkirkan Presiden Omar al-Bashir yang otokrat pada April lalu.

Dewan baru yang berkuasa itu dibentuk berdasarkan perjanjian pembagian kekuasaan antara militer dan demonstran, menyusul tekanan dari AS dan sekutu-sekutu Arabnya, di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa krisis politik bisa memicu perang saudara. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x