Find and Follow Us

Minggu, 15 Desember 2019 | 09:55 WIB

Staf Konsulat Inggris di Hong Kong Ditahan

Rabu, 21 Agustus 2019 | 08:00 WIB
Staf Konsulat Inggris di Hong Kong Ditahan
Simon Cheng - (Foto: voanews)
facebook twitter

INILAHCOM, London--Kementerian Luar Negeri Inggris menyatakan "sangat prihatin" oleh laporan bahwa seorang karyawan di konsulatnya di Hong Kong telah ditahan di China daratan.

Situs berita lokal Hong Kong HK01 menyatakan karyawan tersebut, yang diidentifikasi sebagai Simon Cheng, tidak kembali ke bekas koloni Inggris itu dari kota Shenzhen pada 9 Agustus. Cheng berada di kota di bagian selatan China itu untuk menghadiri pertemuan bisnis.

Kementerian Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris mengeluarkan pernyataan mengenai pemberian dukungan bagi keluarga Cheng dan "meminta informasi lebih jauh dari pihak berwenang di Provinsi Guangdong dan Hong Kong."

Hong Kong dicekam protes antipemerintah yang panas dan kerap berubah menjadi kekerasan selama hampir dua bulan ini. Beijing marah sewaktu Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengadakan percakapan telepon dengan pemimpin Hong Kong Carrie Lam hari Jumat lalu mengenai demonstrasi awal bulan ini.

Kementerian Luar Negeri China mengeluarkan pernyataan yang menyatakan "menuntut dengan serius" agar Inggris "segera menghentikan semua tindakan mencampuri urusan Hong Kong dan turut campur dalam urusan internal China." [voa/lat]

Komentar

x