Find and Follow Us

Selasa, 17 September 2019 | 07:11 WIB

Jumlah Orang Aseksual di China Meningkat

Minggu, 18 Agustus 2019 | 07:04 WIB
Jumlah Orang Aseksual di China Meningkat
(Foto: BBC)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta--Aseksual, atau orang-orang tanpa hasrat seksual, meningkat jumlahnya di China.

Tak ada angka pasti berapa jumlah orang yang mengaku aseksual di China. Psikolog Kanada profesor Anthony Bogaert memperkirakan untuk Inggris, jumlahnya bisa satu persen populasi orang dewasa.

Dengan memakai perkiraan ini, peneliti di China menduga ada 10,8 juta orang aseksual di China, dengan angka 1,08 miliar orang berusia di atas 20 tahun menurut perhitungan terakhir.

Bagaimana kisah mereka? Diane Xie tak khawatir ia tak punya ketertarikan seksual dan tak bisa membayangkan harus berhubungan seks dengan seseorang.

"Menurut saya terbebas dari hasrat seks bagus buat saya karena menurut saya seks itu tak bermakna dan tidak produktif," katanya.

Diane berusia 20-an. Ia pernah kuliah di Hong Kong, Inggris dan Belanda.

Pertamakali mengenali dirinya sebagai aseksual ketika ia berpacaran dengan seorang pria Belanda yang ia temui di universitas.

Sesudahnya ia merasa bingung kenapa tak punya ketertarikan seksual kepada teman kencannya, sekalipun ia merasa punya hubungan romantis.

Akhirnya ia berhasil mengenali "gejala" itu ketika mendiagnosa diri secara daring.

Ia kemudian mengenal AVEN (Asexual Visibility and Education Network)--komunitas aseksual daring terbesar. Sesudah membaca definisi aseksual di sana, ia merasa itulah dirinya.

Orang aseksual di China kini aktif di beberapa forum daring di beberapa media sosial di sana. Banyak yang bertukar pengalaman secara rutin dan mengembangkan kosa kata sendiri.

Aseksualitas pelan-pelan mulai dikenal sebagai orientasi seksual di China seiring peningkatan di media sosial.

Di Douban asexuality group saja, ada lebih dari 10.000 pengguna. App populer di China seperti Zhihu, WeChat, dan QQ punya komunitas aseksual yang anggotanya bisa berjumlah puluhan ribu.

Agen dan situs kencan yang mencomblangi pernikahan aseksual seperti www.wx920.com di China juga muncul. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x