Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 01:49 WIB

India Tangkap Tokoh Kashmir

Kamis, 15 Agustus 2019 | 11:01 WIB
India Tangkap Tokoh Kashmir
(Foto: BBC)

INILAHCOM, Kashmir--Aparat keamanan India menangkap Shah Faisal, seorang birokrat terkenal yang beralih haluan menjadi politikus dari wilayah Kashmir-India. Demikian BBC, Kamis (15/8/2019).

Berbagai pemberitaan di India menyebutkan Faisal ditangkap di Bandara Delhi pada Rabu pagi (14/8/2019) dan dipulangkan ke Kashmir. Ia tercatat sebagai salah seorang dari segelintir politikus Kashmir yang tidak ditahan menjelang pencabutan status daerah istimewa Kashmir pada 5 Agustus lalu.

Sehari sebelum ditangkap, ia berbicara dalam program Hardtalk BBC dan mengungkapkan rasa gelisah.

"Saya malu pada diri sendiri karena saya bebas ketika seluruh jajaran pemimpin Kashmir berada dalam penjara," ungkapnya.

Ia mengatakan dengan cara mencabut status khusus Jammu dan Kashmir, Perdana Menteri India Narendra Modi telah "membunuh konstitusi di siang bolong".

Sejak status khusu Kashmir dan Jamu dicabut, India memberlakukan pembatasan keamanan hingga ratusan warga Kashmir ditahan dan komunikasi masih diputus. India mengatakan serangkaian pembatasan itu sampai waktu yang tidak ditentukan.


Seperti diketahui, seluruh wilayah Kashmir diperebutkan oleh dua negara bertetangga, India dan Pakistan. Mereka sama-sama mengklaim Kashmir milik mereka secara utuh, tetapi hanya menguasai sebagiannya.

India dan Pakistan telah terlibat dalam dua perang dan juga terlibat dalam konflik terbatas terkait sengketa wilayah itu. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x