Find and Follow Us

Kamis, 14 November 2019 | 20:49 WIB

ISIS Sedang Persiapkan Serangan Baru dari Irak

Selasa, 30 Juli 2019 | 14:26 WIB
ISIS Sedang Persiapkan Serangan Baru dari Irak
Abu Bakr al-Baghdadi - (Foto: voanews)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta--Kekhalifahan kelompok teror ISIS mungkin sudah mati, tapi para pemimpinnya masih bertahan di Suriah dan Irak, dan berencana satu hari akan bisa lagi melancarkan serangan di banyak bagian dunia.

Kesimpulan ini adalah bagian dari penilaian baru yang dirilis dalam bentuk laporan kuartalan PBB atas kegiatan ISIS, dan memperingatkan, pusat kegiatan kelompok teror yang sedang bangkit itu berada di Irak,"di mana Abu Bakr al-Baghdadi dan sebagian besar pimpinan ISIS kini berada."

"Pimpinan ISIS itu berusaha menyesuaikan diri, bertahan dan mengkonsolidasikan diri di kawasan penting dan menciptakan sel-sel rahasia pada tingkat lokal sebagai persiapan untuk bangkit kembali," kata laporan itu, seperti dikutip dari VOA, Selasa (30/7/2019).

"Kalau kelompok itu punya waktu dan tempat untuk menyiapkan operasi di luar negeri, ISIS akan mengarahkan dan membantu serangan-serangan internasional," kata laporan itu lagi.

Laporan PBB itu mengatakan ISIS terus berevolusi menjadi jaringan bawah tanah, sejak jatuhnya Baghuz, kawasan terakhir yang dikuasainya di Suriah pada Maret lalu. Perkiraan bahwa Baghdadi kini beroperasi di Irak adalah hal baru, tapi peringatan lainnya Sama dengan keprihatinan yang dinyatakan pejabat Amerika dan lainnya tahun lalu. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x