Find and Follow Us

Kamis, 22 Agustus 2019 | 01:00 WIB

Bahasa Indonesia Masuk Kurikulum Wajib SD Taiwan

Jumat, 5 Juli 2019 | 09:42 WIB
Bahasa Indonesia Masuk Kurikulum Wajib SD Taiwan
(Foto: bbc)

INILAHCOM, Taipei--Pada Agustus mendatang, semua murid sekolah dasar (SD) di Taiwan diwajibkan untuk mempelajari salah satu dari tujuh bahasa Asia Tenggara, di antaranya bahasa Indonesia.

Menurut Kementerian Pendidikan Taiwan, tujuh bahasa yang bisa dipilih untuk dipelajari mencakup bahasa Indonesia, bahasa Vietnam, bahasa Thailand, bahasa Myanmar, bahasa Kamboja, bahasa Melayu, dan bahasa Tagalog.

Selain itu, murid-murid juga bisa mempelajari bahasa Hokkien, Hakka, atau bahasa asli suku di Taiwan.

Untuk mengajarkan bahasa-bahasa ini, kementerian telah mengelar pelatihan untuk 2.000 guru paruh-waktu.

Menurut Liu Qian Ping, perempuan keturunan Vietnam, salah satu anggota komite penilai buku pelajaran bahasa-bahasa Asia Tenggara di Taiwan. kebijakan Taiwan yang mewajibkan murid-murid SD belajar satu dari tujuh bahasa negara-negara Asia Tenggara dapat memerangi stereotipe di Taiwan bahwa 'bahasa-bahasa Asia Tenggara tidak ada gunanya'.

"Orang-orang Taiwan memandang rendah buruh migran dari Asia Tenggara dan beberapa pembawa acara televisi menirukan orang Thailand atau Vietnam yang berbicara bahasa Mandarin dengan logat mereka," kata sarjana ilmu politik berusia 22 tahun ini kepaa BBC China. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x