Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 01:23 WIB

Iran Masuk Agenda KTT G-20 di Jepang

Sabtu, 29 Juni 2019 | 06:34 WIB
Iran Masuk Agenda KTT G-20 di Jepang
Pempin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei - (Foto: AP Photo)

INILAHCOM, Osaka--Iran menjadi salah satu topik utama pembicaraan ketika para pemimpin negara maju bertemu pada KTT tahunan G-20 yang kali ini berlangsung di Jepang selama dua hari mulai Jumat (28/6/2019) dan Sabtu (29/6/2019).

Sementara itu, para diplomat AS dan Iran bertemu dengan para sejawat mereka dari Eropa dalam usaha mencari solusi atas krisis politik yang muncul setelah AS mundur dari kesepakatan nuklir internasional dengan Iran.

Para menteri pertahanan negara-negara anggota NATO melangsungkan pertemuan dua hari di Brussels untuk membahas isu-isu keamanan penting, termasuk ancaman nuklir Iran.

Penjabat Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengatakan, Iran telah menimbulkan kekacauan dan konflik di Timur Tengah selama 40 tahun dan harus dihentikan.

"Tindakan-tindakan Iran yang tidak bersahabat adalah masalah internasional yang mempengaruhi banyak negara," kata Esper.

Esper menyebut tindakan-tindakan itu termasuk pengembangan senjata nuklir, program misil balistik, dukungan terhadap terorisme internasional, dan serangan terhadap kebebasan navigasi di Laut Arab, Selat Hormuz, dan Teluk Oman, serta wilayah udara internasional seperti yang terjadi pekan lalu.

Ketegangan antara AS dan Iran meningkat pekan lalu setelah Iran menembak jatuh sebuah pesawat nirawak AS dengan alasan pesawat itu melanggar wilayah udaranya. Washington membantah tuduhan itu, namun mengatakan tidak ingin berperang dengan Iran. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x