Find and Follow Us

Kamis, 22 Agustus 2019 | 01:48 WIB

Trump Mulai Pertemuan dengan Para Pemimpin Dunia

Jumat, 28 Juni 2019 | 11:26 WIB
Trump Mulai Pertemuan dengan Para Pemimpin Dunia
(Foto: voanews)

INILAHCOM, Osaka--Presiden AS Donald Trump dijadwalkan memulai serangkaian pertemuan tatap muka dengan sedikitnya delapan pemimpin dunia di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang.

Hari ini, Jumat (28/6/2019), Trump akan melangsungkan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri India Narendra Modi dan Kanselir Jerman Angela Merkel--yang semuanya telah dikritiknya hanya beberapa jam sebelum ia tiba di Osaka.

Ia memulai hari ini dengan bertemu Abe, yang sedang mencari dukungan dari AS, setelah Trump secara terang-terangan mengecam aliansi pertahanan Amerika-Jepang, yang telah ada sejak Perang Dunia Kedua.

"Jika Jepang diserang, kita akan memulai Perang Dunia Ketiga. Kita akan masuk dan melindungi mereka dengan nyawa dan harta kita," ujar Trump dalam wawancara melalui telpon dengan Fox Business News pada Rabu (26/6/2019).

"Kita akan bertarung dengan segala daya upaya tetapi jika kita diserang, Jepang tidak perlu membantu kita sama sekali. Mereka semua cukup menonton di televisi Sony."

Trump menyampaikan kalimat pedas serupa atas India.

"Saya sangat menantikan pembicaraan dengan Perdana Menteri India Modi tentang fakta bahwa India selama bertahun-tahun telah menetapkan tarif yang sangat tinggi terhadap Amerika. Bahkan baru-baru ini meningkatkan tarif lebih tinggi lagi. Ini tidak dapat diterima dan tarif harus dicabut," cuit Trump di Twitter.

Sementara bagi Jerman, Trump kembali menyampaikan keluhan bahwa Jerman tidak cukup berkontribusi untuk biaya operasional organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara, NATO.

Tetapi perhatian utama hari Jumat ini tampaknya adalah ketika Presiden Trump bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x