Find and Follow Us

Selasa, 17 September 2019 | 07:11 WIB

Lebih 70 Juta Orang Mengungsi di Seluruh Dunia

Jumat, 21 Juni 2019 | 09:47 WIB
Lebih 70 Juta Orang Mengungsi di Seluruh Dunia
(Foto: BBC)
facebook twitter

INILAHCOM, Jenewa--Jumlah orang yang melarikan diri dari perang, penganiayaan, dan konflik melebihi 70 juta orang secara global pada tahun lalu--jumlah tertinggi dalam hampir 70 tahun selama badan PBB yang menangani pengungsi melakukan aktivitasnya.

Hampir 70,8 juta orang yang dipindahkan secara paksa lebih banyak 2,3 juta dari tahun sebelumnya, demikian laporan tahunan Global Trends UNHCR.

Angka tersebut juga dua kali lipat dari level yang tercatat dalam 20 tahun lalu

Jumlah rata-rata mencapai 37.000 kasus perpindahan baru pada setiap harinya.

"Apa yang kita lihat dalam angka-angka ini adalah konfirmasi lebih lanjut dari tren peningkatan jangka panjang dalam jumlah orang yang menyelamatkan diridari perang, konflik dan penganiayaan," kata Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Filippo Grandi.

Jumlah ini juga menunjukkan adanya peningkatan tajam dalam jumlah orang yang dipindahkan secara proporsi populasi dunia.

Menurut angka yang disimpan sejak Konvensi Pengungsi 1951, puncak sebelumnya adalah pada tahun 1992, yaitu 3,7 per 1.000 penduduk. Pada tahun 2018, jumlahnya meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 9,3.

Menurut Badan Pengungsi PBB, angka aktual untuk 2018 kemungkinan akan lebih tinggi, karena jumlah orang yang terlantar akibat krisis Venezuela hanya sebagian yang tercermin dalam statistik.

Sekitar empat juta rakyat Venezuela telah meninggalkan negara mereka, menurut temuan dari negara-negara yang menerimanya, sekaligus menjadikannya salah satu krisis pemindahan terbesar di dunia baru-baru ini.

Laporan mengidentifikasi tiga kelompok utama. Pertama, pengungsi atau orang yang dipaksa meninggalkan negara mereka karena konflik, perang, atau penganiayaan. Pada tahun 2018, jumlah pengungsi mencapai 25,9 juta di seluruh dunia, lebih dari 500.000 di tahun 2017. Termasuk dalam jumlah ini adalah 5,5 juta pengungsi Palestina.

Kelompok kedua adalah 3,5 juta orang pencari suaka. Mereka adalah orang-orang di luar negara kelahiran mereka yang berada di bawah perlindungan internasional, tetapi belum diberikan status pengungsi.

Ketiga, pengungsi internal. Orang-orang ini terlantar di negara mereka sendiri dan jumlahnya 41,3 juta secara global.

Lebih dari dua pertiga dari semua pengungsi di seluruh dunia berasal dari Suriah, Afghanistan, Sudan Selatan, Myanmar dan Somalia. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x