Find and Follow Us

Minggu, 18 Agustus 2019 | 06:07 WIB

Trump, Putin, Abe akan Bertemu di G20

Kamis, 13 Juni 2019 | 07:17 WIB
Trump, Putin, Abe akan Bertemu di G20
(Foto: voanews)

INILAHCOM, Washington DC--Presiden Donald Trump AS mengatakan bahwa ia akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela pertemuan G20 di Jepang akhir bulan ini.

"Saya akan bertemu dengan Putin pada acara G20," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, seperti dilaporkan VOA, Kamis (13/6/2019).

Pemimpin AS itu mengatakan bulan lalu, ia akan bertemu dengan Putin pada konferensi G20, tetapi Rusia pada waktu itu belum menyepakati tentang pertemuan bilateral.

Pertemuan tatap muka terakhir Trump dengan Putin adalah di Helsinki pada Juli 2018, ketika keduanya tidak mengikutsertakan stafnya masing-masing, dan ini merupakan perbedaan yang sangat besar dari praktik diplomasi yang normal.

Di pertemuan G20, Putin juga akan bertemu dengan PM Jepang Shinzo Abe. Akhir Mei lalu, Menlu Rusia Sergey Lavrov mengatakan, kedua pemimpin itu sepakat untuk membahas kegiatan ekonomi bersama sebagai cara untuk mengatasi pertikaian territorial yang sudah berlangsung selama puluhan tahun.

Yang dipermasalahkan adalah kedaulatan dari empat pulau Pasifik yang diduduki Rusia, di Jepang itu disebut Teritori Utara, sementara di Rusia disebut Kuril Selatan.

Dulu, Uni Soviet merebut pulau-pulau itu pada akhir Perang Dunia ke-2, sebuah langkah yang oleh Tokyo dinilai ilegal. Akibatnya, daerah ini menjadi sumber pertikaian diplomatik dan menghambat penyusunan sebuah perjanjian perdamaian. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x