Find and Follow Us

Minggu, 16 Juni 2019 | 17:44 WIB

Di Haiti

Oxfam Dikecam Eksploitasi Seksual Korban Gempa

Rabu, 12 Juni 2019 | 05:37 WIB
Oxfam Dikecam Eksploitasi Seksual Korban Gempa
(Foto: BBC)

INILAHCOM, London--Badan amal Inggris, Oxfam dikecam keras dalam laporan independen Charity Commission atau Komisi Sosial terkait cara organisasi itu menangani tuduhan pelanggaran seksual serius yang dilakukan stafnya di Haiti selama pemberian bantuan gempa pada 2010.

Empat pegawainya diberhentikan karena "kelakuan buruk" dan tiga lainya keluar dari organisasi itu setelah muncul klaim bahwa stafnya menggunakan jasa pekerja seks komersial. Mereka ditugaskan ke negara itu untuk membantu korban gempa.

Tahun lalu, Oxfam dituduh menutupi klaim bahwa staf mereka melakukan eksploitasi seksual terhadap korban gempa 2010.

Oxfam sudah beberapa kali meminta maaf atas tindakan para pegawai yang mereka sebut "sangat tidak dapat diterima" dan "memalukan."

Charity Commission Inggris menyatakan Oxfam gagal dalam mengetahui isyarat "budaya tingkah laku buruk" dan tidak melaporkan dugaan pelecehan anak-anak.

Dugaan eksploitasi seksual itu pertama kali muncul lewat harian the Times tahun lalu yang melaporkan bahwa sejumlah pegawai, termasuk mantan direktur Oxfam di Haiti, Roland van Hauwermeiren, menggunakan pekerja seks komersial yang masih muda saat bertugas setelah gempa.

Koran itu melaporkan Oxfam sebenarnya sudah menyadari adanya kekhawatiran terkait tingkah laku Van Hauwermeiren dan seorang pria lainnya saat mereka bertugas di Chad sebelum diberikan peran penting di Haiti. [[bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x