Find and Follow Us

Kamis, 22 Agustus 2019 | 01:52 WIB

Trump dan Erdogan Berbicara Lewat Telepon

Sabtu, 1 Juni 2019 | 09:27 WIB
Trump dan Erdogan Berbicara Lewat Telepon
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Istanbul--Presiden AS Donald Trump dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara lewat sambungan telepon di tengah hubungan yang kurang mesra antara Washington DC dan Ankara.

Pembicaraan via telepon itu berlangsung ketika Washington mengancam untuk memberlakukan sanksi atas sekutu NATO tersebut sehubungan rencana Ankara untuk membeli sistem misil S400 Rusia.

Kata Washington, ancaman misil itu akan merugikan sistem pertahanan NATO, khususnya terhadap pesawat tempur F-35 AS. Dalam pembicaraan dengan Trump, Erdogan berusaha menepis keprihatinan itu.

"Presiden Turki telah menegaskan kembali sebuah tawaran sebelumnya bagi pembentukan sebuah kelompok kerja gabungan untuk rencana pembelian sistem pertahanan S400 itu dari Federasi Rusia," demikian bunyi cuitan dari Fahrettin Altun, direktur komunikasi kepresidenan Turki.

Ankara menegaskan bahwa langkah-langkah bisa diambil guna menjamin S400 itu tidak merugikan keamanan NATO. Pejabat AS skeptis dengan klaim itu, tetapi kedua pemimpin itu tampaknya berkomitmen untuk melanjutkan dialog. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x