Find and Follow Us

Jumat, 23 Agustus 2019 | 14:01 WIB

Iran Perbesar Empat Kali Pengayaan Uranium

Selasa, 21 Mei 2019 | 15:39 WIB
Iran Perbesar Empat Kali Pengayaan Uranium
Presiden Hassan Rouhani - (Foto: voanews)

INILAHCOM, Teheran--Iran menyatakan telah melipatgandakan empat kali kapasitas pengayaan uraniumnya, sementara perang kata-kata antara Teheran dan Washington tidak mereda.

Pejabat Iran, seperti dilaporkan VOA, Selasa (21/5/2019), mengatakan, uranium yang diperkaya itu akan digunakan untuk penggunaan energi sipil, jauh di bawah kadar untuk senjata sebagaimana disepakati dalam persetujuan nuklir 2015.

Pengayaan uranium berarti meningkatkan konsentrasi unsur radioaktif, dan uranium alamiah punya U235 kurang dari 1%, sementara uranium untuk produksi energi listrik sekitar 4% murni, dan bahan uranium untuk kadar senjata diolah sehingga mengandung 90% dari unsur aktif ini.

Iran akan bisa segera melampaui jumlah bahan yang diizinkan berdasarkan persetujuan itu.

Presiden Iran Hassan Rouhani dua minggu yang lalu mengumumkan, dia akan menarik Iran dari kesepakatan nuklir enam negara itu, termasuk persyaratan bahwa Iran harus menjual uranium yang berlebih kepada negara lain.

Rouhani mengancam akan mengupayakan Iran memiliki pengayaan kadar senjata, kecuali sanksi ekonomi terhadap Iran dihapuskan pada awal Juli. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x