Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 08:52 WIB

Korut Tolak Menlu AS Terlibat Perundingan Nuklir

Jumat, 19 April 2019 | 07:42 WIB
Korut Tolak Menlu AS Terlibat Perundingan Nuklir
(Foto: VoaNews)

INILAHCOM, Pyongyang--Korea Utara meminta agar Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo tidak lagi ambil bagian dalam pembicaraan lebih jauh apapun yang melibatkan program senjata nuklir negara itu.

Kwon Jong Gun, pejabat senior di Kementerian Luar Negeri Korea Utara, mengatakan, Pyongyang menghendaki seseorang yang "lebih berhati-hati dan matang dalam berkomunikasi," sebut laporan yang dilansir kantor berita resmi KCNA.

Ketika ditanya mengenai perkembangan tersebut, juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan, "Amerika Serikat masih siap untuk berdialog dengan Korea Utara dalam perundingan yang konstruktif."

Hari Rabu (17/4/2019), Korea Utara mengumumkan negara itu telah menguji coba sebuah "senjata rudal taktis baru," suatu unjuk kemampuan militer terbaru Pyongyang.

KCNA menyatakan Kim Jong Un mengawasi dan memandu uji coba itu, dan menyebutnya sebagai operasi yang sangat penting.

KCNA tidak merinci jenis senjata yang diuji coba, tetapi istilah "taktis" menyiratkan bahwa itu bukanlah misil balistik.

Namun demikian, uji coba itu bisa dianggap sebagai peringatan bagi AS, di tengah-tengah kebuntuan dalam pembicaraan mengenai program nuklir Korea Utara. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x