Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 07:52 WIB

Restorasi Notre Dame Perlu Puluhan Tahun

Kamis, 18 April 2019 | 08:16 WIB
Restorasi Notre Dame Perlu Puluhan Tahun
(Foto: AP Photo)

INILAHCOM, Paris--Presiden Prancis Emmanuel Macron menetapkan target lima tahun untuk membangun kembali Katedral Notre Dame yang hancur karena kebakaran.

Tetapi para ahli restorasi gedung-gedung bersejarah mengatakan dibutuhkan waktu puluhan tahun untuk menyelesaikan proyek itu. Eric Fisher adalah kepala yayasan yang bertanggung jawab untuk pemeliharaan katedral dari abad pertengahan di Strasbourg.

"Secara pribadi, saya akan mengandalkan beberapa dekade daripada beberapa tahun dalam hal pengerjaannya. Diagnosis awal akan sangat penting karena hal itu akan menentukan apa yang telah hancur, dan apa yang bisa dilestarikan. Langkah selanjutnya adalah membuat pilihan restorasi bahkan sebelum pekerjaan rekonstruksi dimulai," kata Fisher.

"Menemukan tukang batu, seniman lukis kaca dan tukang kayu yang terampil dalam restorasi bersejarah itu akan menjadi tantangan tersendiri," kata Francis Maude, seorang arsitek yang bekerja untuk proyek restorasi Kastil Windsor setelah istana bersejarah itu terbakar pada tahun 1992.

Francis Maude, arsitek terkenal dari Inggris itu menyatakan, "Tersedianya tenaga trampil untuk menyelesaikan begitu banyak pekerjaan tukang batu, tukang kayu, pengrajin timah, seniman lukis kaca untuk jendela-jendela bangunan itu mungkin merupakan tantangan industri yang harus dihadapi di seluruh Eropa pada saat ini, terutama karena kita tahu ada proyek-proyek yang sangat besar lainnya yang menghadapi keterbatasan yang sama."

Kebakaran Katedral Notre Dame terjadi ketika berlangsung peringatan Minggu Suci Katolik, dan kurang dari seminggu sebelum Paskah. Misa Paskah sebelumnya telah direncanakan di katedral itu pada hari Minggu. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x