Find and Follow Us

Jumat, 23 Agustus 2019 | 13:32 WIB

Siapa Pemenang Pemilu Israel?

Rabu, 10 April 2019 | 09:35 WIB
Siapa Pemenang Pemilu Israel?
Benjamin Netanyahu dan Benny Gantz - (Foto: Riset)

INILAHCOM, YerusalemHasil hitung cepat perolehan suara dalam pemilu Israel menunjukkan Benjamin Netanyahudan Benny Gantz bersaing ketat.

Berdasarkan hasil sementara hitung cepat yang diperoleh, Rabu (10/4/2019) memperlihatkan, Partai Likud pimpinan Netanyahu baru meraih antara 33-36 kursi di parlemen, sementarakoalisi pengusungGantz, Blue and White, sudah meraup 36 atau 37 kursi.

Laporan yang dikumpulkan dari sejumlah media menyebutkan Netanyahu dan Gantz saling klaim menang dalam pemilihan umumIsrael yang berakhir Selasa (9/4/2019).

Secara keseluruhan, ada 120 kursi parlemen yang diperebutkan dalam pemilu Israel. Pihak yang bisa menyabet lebih dari setengah porsi tersebut dinyatakan menang pemilu dan dapat membentuk pemerintahan.

Sementara itu, jajak pendapat yang diselenggarakan Camil Fuchs menunjukkan jumlah pemilih Arab turun drastis. Camil Fuchs mengatakan kepada TV saluran 13 Israel bahwa penurunan itu merupakan "drama terbesar" yang dihadapi pemilu nasional.

Anggota parlemen veteran, Ahmad Tibi menyebut partisipasi rendah itu "bahaya nyata" bagi partainya dan fraksi-fraksi Arab lainnya.

Warga Arab-Israel, yang mewakili hampir 20% dari penduduk Israel, dapat membantu memengaruhi pemilihan. Tetapi banyak warga Arab itu telah berjanji untuk memboikot pemilihan itu sebagai protes terhadap taktik kampanye dan undang-undang Netanyahu yang memecah belah, yang menyatakan Israel sebagai negara-bangsa orang-orang Yahudi. [lat/voa]

Komentar

Embed Widget
x