Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 08:20 WIB

Arab Saudi Tangkap Tujuh Orang

Minggu, 7 April 2019 | 06:40 WIB
Arab Saudi Tangkap Tujuh Orang
(Foto: BBC)

INILAHCOM, London--Arab Saudi menangkap setidaknya tujuh orang, termasuk dua orang berkewarganegaraan ganda (Saudi dan Amerika Serikat) dan seorang perempuan yang tengah hamil.

Perkembangan ini disampaikan lembaga hak asasi manusia yang berbasis di London, ALQST.

Mereka yang ditangkap dilaporkan bukan aktivis, tapi penulis dan blogger yang mendiskusikan reformasi. Sebelum ditahan, mereka dilarang melakukan perjalanan sejak Februari lalu.

Penangkapan dilakukan ketika sejumlah pihak mengkhawatirkan nasib orang-orang yang menjalani penahanan setelah mendesak pemerintah menghargai hak-hak perempuan.

Bulan lalu, 10 pegiat hak-hak perempuan diadili, yang ditahan menyusul operasi penangkapan terhadap para pegiat yang dimulai pada 2018. Sepuluh pegiat ini dibebaskan dengan jaminan minggu lalu.

Kasus ini membuat masyarakat internasional mengeluarkan kecaman.

Tak kurang dari 36 negara mendesak pembebasan mereka saat menggelar pertemuan di Dewan HAM PBB.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari pemerintah Saudi terkait penahanan terbaru atas tujuh warga.

Mereka yang ditahan termasuk enam laki-laki dan seorang perempuan, menurut informasi yang dikumpulkan ALQST. Beberapa laporan menyebutkan jumlah warga yang ditangkap berjumlah delapan orang.

Perempuan yang ditangkap adalah Khadijah al-Harbi, penulis yang sedang hamil dan penulis yang memegang paspor Amerika Serikat, Salah al-Haidar.

Ibu al-Haidar belum lama ini termasuk di antara aktivis yang dibebaskan pemerintah.

Keluarga al-Haidar memiliki rumah di Virginia, Amerika Serikat, namun tinggal di Saudi bersama anak dan istrinya, kata kantor berita Associated Press.

Warga Saudi-AS yang juga ditahan, menurut sejumlah laporan, adalah Badr al-Ibrahim, yang dikenal sebagai seorang penulis dan dokter. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x