Find and Follow Us

Sabtu, 21 September 2019 | 01:31 WIB

PBB Gali Kuburan Massal Warga Yazidi Korban ISIS

Jumat, 29 Maret 2019 | 08:16 WIB
PBB Gali Kuburan Massal Warga Yazidi Korban ISIS
(Foto: VoaNews)
facebook twitter

INILAHCOM, Kocho--Dalam beberapa minggu terakhir, para pekerja Irak dan PBB telah menggali apa yang mereka yakini sebagai sisa-sisa dari 30 mayat warga Yazidi yang menjadi korban militan ISIS.

Penggalian itu dilakukan di salah satu dari puluhan kuburan massal di wilayah itu. Demikian laporan yang dikutip dari VOA, Jumat (29/3/2019).

Ribuan orang terbunuh dan ribuan lainnya masih hilang setelah ditangkap dan diperbudak oleh ISIS dalam apa yang oleh PBB disebut sebagai genosida.

Militan ISIS melancarkan serangan brutal terhadap warga Yazidi di Irak Utara tahun 2014.

Korban yang selamat mengatakan, militan ISIS sering memaksa kaum pria Yazidi untuk menggali kuburan massal seperti itu sebelum membunuh mereka dan melemparkannya ke dalam. Perempuan dan anak-anak ditangkap dan dijual untuk kerja paksa atau perbudakan seksual.

Sebagian besar dari sekitar 400.000 orang Yazidi di Irak telah diungsikan selama bertahun-tahun.

"Genosida, kuburan-kuburan massal dan semua kehancuran ini adalah hasil dari ideologi ISIS yang buruk dan biadab dan hak-hak kami telah ditekan dan dikhianati," kata Nadia Murat, perempuan Yazidi pemenang Nobel Perdamaian. Diperkirakan 3.000 orang yang ditangkap oleh ISIS masih hilang dan penderitaan mereka bisa dirasakan.

Para pejabat PBB mengirim sisa-sisa jenazah itu ke Baghdad untuk diidentifikasi, dan berencana melanjutkan usaha mencari kuburan massal lainnya bulan depan. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x