Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 07:57 WIB

Venezuela, Saling Serang Maduro dengan Guaido

Kamis, 28 Maret 2019 | 06:50 WIB
Venezuela, Saling Serang Maduro dengan Guaido
(Foto: bbc)

INILAHCOM, Caracas--Perang pernyataan kembali muncul antara Presiden Nicolas Maduro dengan pemimpin oposisi Juan Guaido, menyusul pemadaman listrik yang kembali terjadi di Venezuela.

Maduro menyatakan terjadinya pemadaman listrik akibat "serangan" kubu oposisi, yang dipimpin Juan Guaido.

Sebaliknya, kubu oposisi mengatakan terjadinya pemadaman listrik akibat minimnya investasi dan praktek korupsi selama dua dekade oleh pemerintahan sosialis.

Di akun Twitternya, Guaido mengatakan: "Ketika masyarakat membutuhkan kepastian di tengah-tengah pemadaman listrik yang tidak menentu, bagaimana mereka bisa terus-menerus mengulangi alasan 'perang listrik/ dan sabotase?"

Sejak awal pekan ini pemadaman listrik secara nasional kembali terjadi di negara yang sedang dilanda krisis politik dan ekonomi ini.

Rumah sakit, transportasi umum, air dan layanan umum lainnya terdampak langsung akibat pemadaman listrik tersebut.

Ibu kota Venezuela, Caracas, untuk pertama kalinya terlihat gelap gulita pada hari Senin. Daya listrik sempat pulih empat jam kemudian, namun pemadaman kedua terjadi.

Pemadaman listrik berskala nasional--yang terjadi beberapa hari pada awal bulan ini--telah mendorong aksi penjarahan dan melahirkan frustasi di kebanyakan warga di sebagian wilayah negara itu.

"Tidak ada yang bisa dikerjakan," Yendresca Munoz, analis bank berusia 34 tahun yang tinggal di Caracas mengatakan kepada kantor berita Reuters.

"Selama hari-hari gelap, kamu tidak bisa melakukan apapun. Tidak ada internet, tidak ada akses ke anjungan uang tunai," tambahnya.

Kota-kota besar lainnya, termasuk Barquisimeto, Maracaibo yang terletak di barat negara itu, juga dilaporkan terkena dampak pemadaman listrik.

Sejak Januari lalu, pemimpin oposisi telah terjebak dalam perebutan kekuasaan dengan pemerintahan Maduro, yang bergulat menghadapi krisis ekonomi yang parah.

Pekan lalu, anak buah Guaido ditangkap atas tuduhan terorisme yang makin meningkatkan eskalasi krisis politik di negeri itu. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x