Find and Follow Us

Kamis, 20 Juni 2019 | 18:32 WIB

Ini Beberapa Keputusan Hebat PM Selandia Baru

Sabtu, 23 Maret 2019 | 07:09 WIB
Ini Beberapa Keputusan Hebat PM Selandia Baru
(bbc)

INILAHCOM, Jakarta--Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda mengambil beberapa keputusan penting setelah terjadi penembakan di dua masjid di Christchurch, dan dia mendapat sambutan positif dari media dan warganet.

Yang terbaru adalah keputusan Selandia Baru untuk melarang semua jenis senjata semi-otomatis seperti yang digunakan dalam penembakan masjid di Christchurch.

Aturan senjata api di Selandia Baru tersebut menjadi sorotan sejak Brenton Tarrant, pelaku utama penembakan di dua masjid di Kota Christchurch, yang menewaskan 50 orang pada Jumat (15/3/2019). Menurut PM Ardern, dia berharap undang-undang baru itu mulai berlaku pada 11 April.

Selain pelarangan senjata api tersebut, ada beberapa langkah dan tindakan PM Ardern lain yang mendapat sorotan dari media dan warganet. Misalnya, dia bersumpah tidak akan pernah menyebut nama pria bersenjata yang melakukan serangan di masjid di Kota Christchurch.

Dalam pertemuan khusus dengan parlemen pada Selasa (19/3/2019), Ardern juga memulai pidatonya dengan "Assalamualaikum".

Dia kemudian meminta platform media sosial untuk berbuat lebih banyak dalam memerangi teror, setelah pelaku serangan di Christchurch menyiarkan langsung serangannya di Facebook.

PM Ardern juga mengumumkan bahwa azan untuk salat Jumat (22/3/2019) di Selandia Baru akan ditayangkan secara nasional di televisi dan radio, dan akan ada dua menit hening untuk mengenang korban penembakan di dua masjid.

Menurut Ardern, azan yang disiarkan pada jam 1.30 waktu setempat adalah bentuk solidaritas. "Ada keinginan untuk menunjukkan dukungan bagi komunitas Muslim saat mereka kembali ke masjid pada Jumat," katanya.

Salah satu tindakan dan pernyataan Ardern yang mengundang pujian adalah jawabannya terhadap Presiden AS Donald Trump. Saat ditanya oleh Trump, bentuk dukungan apa yang bisa diberikan oleh Amerika Serikat, Ardern menjawab, "Simpati dan rasa kasih sayang bagi semua komunitas Muslim."

Terhadap pernyataan senator Australia, Fraser Anning, yang menyalahkan penyerangan itu pada kebijakan imigrasi, Ardern mengatakan bahwa si senator, "memalukan".

Anning kemudian menjadi terkenal karena dia dilempar telur oleh Wil Connoly, remaja Australia yang kemudian dikenal dengan julukan Egg Boy. [bbc/lat]

Komentar

x