Find and Follow Us

Selasa, 10 Desember 2019 | 18:17 WIB

Pengungsi yang Lari dari Konflik Harus Dilindungi

Minggu, 3 Maret 2019 | 06:08 WIB
Pengungsi yang Lari dari Konflik Harus Dilindungi
(Foto: voanews)
facebook twitter

INILAHCOM, New York--PBB menegaskan, pengungsi yang menyelamatkan diri dari konflik harus diberi perlindungan. Penegasan ini dikeluarkan setelah Bangladesh menyatakan tidak lagi mau menerima pengungsi Muslim Rohingya dari Myanmar.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Bangladesh Shahidul Haque di depan Dewan Keamanan PBB menyatakan bahwa krisis pengungsi di negerinya sudah bertambah buruk dan ia kecewa belum ada seorang pun dari ratusan ribu pengungsi yang berlindung di negerinya pulang ke asal mereka.

"Bangladesh amat bermurah hati dalam menolong pengungsi Rohingya. Penting sekali orang yang menyelamatkan diri dari konflik mendapatkan perlindungan ke mana saja mereka pergi," kata juru bicara PBB Stephane Dujarric.

Sesuai kesepakatan yang dicapai dengan Bangladesh, Myanmar setuju menerima kembali sebagian pengungsi itu. Tetapi PBB bersikukuh keselamatan mereka harus menjadi kondisi bagi kepulangan mereka.

Haque mengatakan kepada sidang Dewan Keamanan PBB tentang Myanmar bahwa Bangladesh tidak lagi dapat menerima pengungsi dari Myanmar, menunjukkan Bangladesh siap menutup perbatasannya bagi pengungsi. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x