Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 16:24 WIB

Pakistan Bebaskan Pilot India yang Ditahan

Jumat, 1 Maret 2019 | 09:12 WIB
Pakistan Bebaskan Pilot India yang Ditahan
(Foto: Riset)
facebook twitter

INILAHCOM, Islamabad--Pemerintah Pakistan menyatakan bakal membebaskan seorang pilot India, pada Jumat (1/3/2019), beberapa hari setelah pesawat tempurnya ditembak jatuh dalam pertempuran udara India-Pakistan.

Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, mengungkapkan keputusan tersebut di parlemen setelah mengatakan dalam sebuah pidato bahwa Pakistan berfokus pada de-eskalasi konflik.

Pilot pesawat tempur India itu, yang menjadi pilot semenjak 16 tahun silam, berasal dari kota Chennai di wilayah selatan India (sebelumnya dikenal sebagai Madras).

Pesawat tempurnya ditembak jatuh oleh Pakistan, yang disebut sebagai "pembalasan" terhadap India yang melakukan serangan udara di wilayahnya.


Penangkapan pilot senior itu dianggap sebagai kemunduran besar bagi India.

Pemerintah India telah menuntut pembebasannya secepat mungkin dan media sosial India dipenuhi cuitan di tweeter tentang nasib sang pilot.

Di media sosial banyak warga India yang menyebutnya sebagai pahlawan dan berdoa agar dia dapat pulang dalam kondisi selamat.

Media lokal di India melaporkan bahwa orang banyak mulai memadati rumah keluarganya tidak lama setelah berita penangkapannya menyebar.

Surat kabar The Hindustan Times mengutip salah seorang kerabatnya yang mengatakan bahwa mereka ingin agar pemerintah "menjamin pembebasannya" tanpa ada penundaan. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x