Find and Follow Us

Sabtu, 25 Mei 2019 | 07:56 WIB

Berapa Banyak Jumlah Muslim di Amerika?

Minggu, 17 Februari 2019 | 07:03 WIB
Berapa Banyak Jumlah Muslim di Amerika?
(Foto: voa)

INILAHCOM, Washington DC--Perkembangan politik belakangan ini di AS sekitar imigrasi Muslim ke negeri ini serta larangan masuk warga Muslim dari beberapa negara yang mayoritas penduduknya Muslim menyebabkan timbul pertanyaan seberapa banyak penduduk Muslim di AS?

Pertanyaan seberapa besar jumlah penduduk Muslim di AS bukanlah pertanyaan yang mudah dijawab. Pemerintah Federal sendiri tidak punya angka yang resmi, sebagian karena Jawatan Sensus AS dalam melakukan sensus tidak menanyai agama seseorang. Sebab itu tidak ada angka resmi tentang jumlah penduduk AS yang beragama Islam, baik itu warganegara ataupun penduduk menetap.

Namun begitu, berdasarkan survei dan penelitian demografis oleh Pew Research Center maupun juga berbagai sumber luar, ditaksir ada 3,45 juta Muslim dari semua tingkat umur yang hidup di AS tahun 2017 dan bahwa Muslim mencapai kurang lebih 1,1 persen dari jumlah penduduk AS. Apabila dibandingkan dengan penganut agama lain, Kristen atau Yahudi misalnya, Muslim jauh lebih kecil.

Muslim di negeri ini tidak hidup berkelompok melainkan tersebar di seluruh bagian negeri. Dapat dikatakan di tiap negara bagian ada warga Muslim. Di ibukota Washington D.C misalnya terdapat jumlah lumayan penduduk Muslim. Sedang di negara bagian New Jersey terdapat jumlah besar warga Muslim.

Mereka tidak hanya berasal dari satu negara tertentu tetapi dari seluruh dunia, terbanyak biasanya dari Asia Selatan.

Orang yang pindah agama tidak memberi dampak besar pada jumlah Muslim AS sebagian besar karena jumlah orang AS yang memeluk agama Islam sama banyaknya dengan yang meninggalkan Islam. Walaupun sekitar satu dalam tiap lima Muslim AS dewasa dibesarkan dalam agama lain kemudian pindah masuk Islam, jumlah sama yang dibesarkan sebagai Muslim sekarang tidak lagi menyebut diri sebagai penganut Islam.

Sementara waktu berjalan jumlah Muslim di AS terus bertambah pada laju kasarnya 100 ribu orang per tahun, baik berkat tingkat kesuburan yang tinggi di kalangan mereka maupun juga migrasi Muslim yang terus terjadi ke negeri ini. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x