Find and Follow Us

Kamis, 21 November 2019 | 12:24 WIB

Berton-ton Emas Venezuela Ditukar dengan Dolar

Minggu, 3 Februari 2019 | 07:31 WIB
Berton-ton Emas Venezuela Ditukar dengan Dolar
(Foto: voaindonesia)
facebook twitter

INILAHCOM, Moskow--Pemerintah Rusia diduga telah membantu Presiden Venezuela Nicolas Maduro melalui penukaran emas milik Venezuela dengan uang dolar untuk memperkuat pemerintahannya yang terkena sanksi ekonomi AS.

Harian Rusia Novaya Gaeta mengatakan bahwa tanggal 29 Januari, sebuah pesawat kargo Boeing 757 milik Rusia berangkat dari Moskow membawa emas batangan milik Venezuela yang disimpan di Bank Sentral Rusia ke Dubai. Emas itu kemudian ditukar dengan berpeti-peti uang dolar AS, kemudian diterbangkan ke Venezuela lewat Maroko.

Direktur Bank Sentral Rusia, Elvira Nabiullina membantah laporan itu dan mengatakan, Bank Sentral Rusia tidak menyimpan emas Venezuela.

Sebelumnya, seorang pejabat senior Venezuela mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Venezuela berencana menukar 29 ton emasnya di Persatuan Emirat Arab dengan mata uang Euro. Dia mengatakan, penjualan pertama emas Venezuela dimulai dengan pengiriman tiga ton emas tanggal 26 Januari.

Tahun lalu Venezuela juga mengirim emas yang belum dimurnikan bernilai US$900 juta ke Turki, yang telah mengolah emas Venezuela sejak tahun lalu, ketika Maduro memindahkan operasinya dari Swiss, karena khawatir emas itu mungkin akan disita. [voa/lat]

Komentar

x