Find and Follow Us

Kamis, 20 Juni 2019 | 18:01 WIB

300 Buaya Direlokasi dari Patung Tertinggi Dunia

Senin, 28 Januari 2019 | 08:03 WIB
300 Buaya Direlokasi dari Patung Tertinggi Dunia
Patung Sardar Vallabhbhai Patel - (Foto: AP Photo)

INILAHCOM, New Delhi--Pemerintah India memindahkan sekitar 300 buaya dari waduk yang berada di sebelah patung pahlawan Sardar Vallabhbhai Patel yang dianggap tertinggi di dunia.

Program relokasi buaya itu dilakukan untuk memungkinkan operasional pesawat air bagi para pengunjung monumen tersebut.

Kumpulan buaya itu, di antaranya memiliki tubuh sepanjang tiga meter, dimasukkan ke kandang berbahan logam, lalu dikirim ke bagian barat negara bagian Gujarat.

Namun proyek ini dikritik pegiat konservasi.

Monumen Sardar Vallabhbhai Patel dibuka untuk publik Oktober 2018. Patung setinggi 182 meter itu didirikan untuk menghormati peran Patel dalam perjuangan kemerdekaan India.

Patung yang terbuat dari perunggu itu terletak 200 kilometer dari Ahmedabad, kota terbesar di negara bagian tersebut. Belakangan, monumen itu menjadi lokasi turisme yang terkenal.

Meski begitu, tidak terdapat layanan transportasi publik seperti kereta api menuju lokasi itu. Satu-satunya moda yang tersedia menuju 'Patung Persatuan' itu adalah bus.

Merujuk laporan kantor berita AFP, pejabat kehutanan setempat, Anuradha Sahu, menyebut instruksi relokasi buaya berasal dari pemerintah 'demi keamanan karena jumlah turis terus bertambah'.

Sejauh ini puluhan buaya telah diangkut dan direlokasi menggunakan mobil bak terbuka.

Direktur Pusat Komunitas Ilmu Pengetahuan, Jitendra Gavali, menganggap perbuatan pemerintah itu sebagai pelanggaran terhadap undang-undang perlindungan alam liar.

"Pemerintah mengganggu habitan dan membuat hidup buaya dalam bahaya," kata Gavali, seperti dilansir The Times of India.

"Pemerintah juga tidak memikirkan lokasi yang pantas untuk melepaskan buaya itu secara aman."

Bittu Sahgal, editor majalah berkonten alam liar Sanctuary Asia, adalah salah satu pengkritik kebijakan relokasi tersebut.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, yang juga dilahirkan di Gujarat seperti Patel, mengusulkan pendirian patung itu ketika masih menjabat menteri negara bagian itu tahun 2010.

Dalam beberapa tahun terakhir, partai nasionalis Hindu tempat Modi bernaung, Partai Bharatiya Janata, menganggungkan Patel untuk mengingat jasa-jasanya.

Adapun, pembangunan patung itu menghabiskan anggaran sebesar US$430 juta atau Rp6 triliun. [bbc/lat]

Komentar

x