Find and Follow Us

Kamis, 25 April 2019 | 01:18 WIB

Perselisihan Trump dengan Ketua DPR Semakin Tajam

Jumat, 18 Januari 2019 | 15:15 WIB
Perselisihan Trump dengan Ketua DPR Semakin Tajam
(Foto: voaindonesia)

INILAHCOM, Washington DC--Perselisihan antara Presiden AS Donald Trump dan Ketua DPR Nancy Pelosi semakin tajam, saat Trump tiba-tiba membatalkan rencana kunjungan Pelosi dan sejumlah anggota Kongres ke Afghanistan, Mesir dan Belgia dengan menggunakan pesawat militer.

Pembatalan yang diumumkan hanya satu jam sebelum Pelosi dan rombongannya berangkat, termuat dalam surat yang dikirim Trump kepada Pelosi, demikian VOA, Jumat (18/1/2019).

Kata Trump: "Karena pemerintah sedang mengalami shutdown, dengan menyesal saya harus memberi tahu Anda bahwa kunjungan Anda ke Brussels, Mesir dan Afghanistan telah ditunda. Kita akan menjadwalkan kembali lawatan ini setelah pemerintah dibuka kembali."

Surat Presiden Trump itu senada dengan surat yang dikirim Pelosi kepada Trump pada Rabu (16/1/2019) yang meminta Trump untuk menunda pidato kenegaraannya di muka Kongres pada 29 Januari ini, karena ia tidak bisa menjamin keamanan untuk upacara tahunan itu.

Perselisihan itu disulut sikap DPR yang tidak mau memenuhi permintaan dana US$5,7 miliar yang diminta Trump untuk membangun tembok di perbatasan Meksiko.

Kata Pelosi, Dinas Rahasia AS yang melindungi presiden dan keluarganya dan para pegawai Departemen Keamanan dalam Negeri atau Homeland Security belum mendapat gaji sejak 22 Desember. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x