Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 07:36 WIB

Dubes Korut untuk Italia Melarikan Diri

Kamis, 3 Januari 2019 | 19:01 WIB
Dubes Korut untuk Italia Melarikan Diri
Kedubes Korea Utara di Roma, Italia. - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Seoul--Pejabat Duta Besar Korea Utara (Korut) untuk Italia, Jo Song-gil disebut-sebut melarikan dan kini bersembunyi bersama istrinya di tempat yang belum diketahui.

Sebelumnya, muncul desas-desus bahwa diplomat tertinggi Pyongyang di Italia itu telah meminta suaka politik dari sebuah negara barat yang tak disebutkan namanya.

BBC melaporkan, Kamis (3/1/2018), Jo juga diyakini merupakan menantu dari salah seorang pejabat tertinggi Korut.

Diplomat berusia 48 tahun itu ditunjuk sebagai pejabat Dubes di Roma sejak Oktober 2017, setelah Italia mengusir dubes waktu itu, Mun Jong-nam, sebagai protes atas uji coba nuklir Korut sebulan sebelumnya, yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Kim Min-ki, seorang anggota parlemen dari koalisi pemerintah Korea Selatan, sesudah mendapat arahan dari dinas rahasia mengatakan kepada wartawan, bahwa Jo sudah meninggalkan kedutaan di Roma sejak lebih dari sebulan lalu.

"Masa tugas pejabat Duta Besar Jo Song-gil selesai pada akhir November tahun lalu, namun ia meloloskan diri dari kawasan diplomatik pada awal November," katanya.

Dinas rahasia Korea Selatan mengatakan bahwa mereka tidak mendapat kontak apapun dengan Jo sejak itu. Mereka juga tak menjawab pertanyaan apakah ia berusaha membelot ke negara lain.

Kementerian Luar Negeri Italia mengatakan kepada BBC bahwa sejauh ini tak ada catatan tentang pengajuan suaka dari Jo.

Surat kabar Korea Selatan, JoongAng Ilbo, mengutip sebuah sumber diplomatik melaporkan bahwa Jo sekarang sudah berada 'di sebuah tempat yang aman' bersama keluarganya.

Diplomat tinggi Korut terakhir yang membelot adalah wakil Dubes di London, beberapa tahun lalu.

Wakil Dubes di London itu, Thae Yong-ho, meninggalkan posnya pada 2016, bersama istri dan anak-anaknya. Ia membelot ke Korea Selatan. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x