Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 13:32 WIB

Negosiasi Perbatasan RI-Malaysia Segera Selesai

Jumat, 14 Desember 2018 | 06:12 WIB
Negosiasi Perbatasan RI-Malaysia Segera Selesai
(Foto: voaindonesia)

INILAHCOM, Jakarta--Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan di tahun 2018 ini, ada banyak kemajuan dalam hal diplomasi terkait negosiasi perbatasan maritim dan darat Indonesia dengan negara tetangga, salah satunya dengan Malaysia.

Negosiasi perbatasan dengan Malaysia tersebut, kata Retno seperti dikutip dari laporan VOA, Jumat (14/12/2018), hanya tinggal menunggu waktu untuk segera mensahkannya dalam bentuk penjanjian antar kedua negara.

Usai memberikan kuliah umum di Universitas Pancasila, Jakarta, Kamis (13/12/2018) Retno menegaskan pentingnya negosiasi perbatasan antar negara, yaitu selain untuk mempertegas batas wilayah negara masing-masing, hal tersebut juga bisa meminimalisir terjadinya insiden dengan berbagai negara tetangga.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Hukum Internasional dan Perjanjian Internasional Kemenlu RI Damos Dumoli Agusman mengatakan bahwa ada dua wilayah perbatasan maritim yang akan diresmikan Indonesia dengan Malaysia yaitu di sekitar laut Sulawesi dan Selat Malaka.

Proses perundingan tersebut, kata Damos, sudah masuk ke dalam tahap politis dan birokratis pada masing-masing negara. Namun secara prinsip, bagian tersulit dari perundingan tersebut sudah terlewati dengan baik.

Selain Malaysia, Indonesia juga sedang melakukan negosiasi tentang perbatasan antar negara dengan negara-negara lainnya. Damos mengatakan negara tersebut antara lain, Timor Leste,

Vietnam, Filipina yang juga menjadikan Indonesia sebagai negara paling sibuk di Asia untuk membuat perjanjian perbatasan tersebut. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x