Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Februari 2019 | 02:48 WIB

Pakistan Kecam Deplu AS soal Kebebasan Beragama

Kamis, 13 Desember 2018 | 08:09 WIB

Berita Terkait

Pakistan Kecam Deplu AS soal Kebebasan Beragama
Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mehmood Qureshi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Islamabad--Pakistan mengecam keputusan AS yang menempatkan negaranya di dalam daftar negara-negara yang dikatakan Amerika sebagai pelanggar terburuk kebebasan beragama.

"Pakistan tidak memerlukan nasihat dari negara manapun dalam melindungi hak-hak minoritasnya," kata Kementerian Luar Negeri Pakistan dalam sebuah pernyataan kerasnya, seperti dikutip dari VOA, Kamis (13/12/2018). Pernyataan itu juga mempertanyakan kredibilitas dan sikap tidak memihak AS sebagai negara yang membuat daftar itu.

Reaksi itu muncul sehari setelah Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengumumkan daftar "negara-negara yang mendapat perhatian khusus" yang diduga terlibat atau membiarkan "pelanggaran kebebasan beragama yang sistematis, berkelanjutan, dan mengerikan."

Negara-negara yang masuk dalam daftar hitam itu bisa dikenai sanksi yang menghukum, tetapi Pompeo mengecualikan Pakistan dengan alasan demi kepentingan-kepentingan nasional AS.

Sampai sekarang Pakistan masuk dalam daftar pantau AS terhadap pemerintah-pemerintah yang telah "terlibat atau membiarkan" pelanggaran berat kebebasan beragama. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x