Find and Follow Us

Rabu, 24 Juli 2019 | 03:10 WIB

Konflik Ukraina-Rusia

Trump Berencana Batalkan Bertemu Putin

Rabu, 28 November 2018 | 13:16 WIB
Trump Berencana Batalkan Bertemu Putin
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin

INILAHCOM, Washington DC--Presiden AS Donald Trump mengatakan dia kemungkinan akan membatalkan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin menyusul konflik maritim antara Rusia dan Ukraina.

Trump mengatakan kepada Washington Post, seperti dikutip dari BBC, Rabu (28/11/2018) bahwa dia tengah menunggu laporan lengkap mengenai tindakan Rusia yang menembaki dan menahan tiga kapal angkatan laut Ukraina, Minggu (25/11).

Kedua pemimpin negara itu direncanakan bertemu di luar agenda KTT G20 di Buenos Aires, Argentina, pekan ini.

Sementara itu, AS mendorong negara-negara Eropa untuk bertindak lebih dalam mendukung Ukraina.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Heather Nauert mengatakan bahwa AS ingin melihat pemberlakuan sanksi yang lebih tegas terhadap Rusia.

Kepada Washington Post, Trump menyatakan bahwa laporan yang akan diberikan tim keamanan nasionalnya akan "sangat menentukan" tentang jadi atau tidaknya pertemuannya dengan Putin.

"Mungkin saya tidak akan menggelar pertemuan [dengan Putin]. Mungkin tidak akan ada pertemuan itu. Saya tidak suka serangan tersebut. Saya tidak menginginkannya sama sekali," ujarnya.

Menurut Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton, keduanya seharusnya akan membahas masalah keamanan, pengendalian persenjataan, serta isu-isu di Ukraina dan Timur Tengah selama konferensi berlangsung Jumat dan Sabtu nanti. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x