Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 13:39 WIB

Kasus Pembunuhan Khashoggi

AS Jatuhkan Sanksi terhadap 17 Warga Saudi

Jumat, 16 November 2018 | 08:09 WIB

Berita Terkait

AS Jatuhkan Sanksi terhadap 17 Warga Saudi
Menteri Keuangan AS, Steve Mnuchin - (Foto: AP)

INILAHCOM, Washington DC--AS mengumumkan sanksi terhadap 17 warga Saudi karena diduga berperan dalam pembunuhan wartawan Saudi, Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul.

Di antara mereka yang dijatuhi sanksi adalah, Saud al-Qahtani, mantan pembantu utama Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dan Konsul Jenderal Saudi, Mohammed Alotaibi.

"Orang-orang ini menarget dan secara brutal membunuh seorang wartawan yang tinggal dan bekerja di Amerika Serikat , harus bertanggung jawab atas tindakan mereka," kata Menteri Keuangan AS, Steve Mnuchin dalam sebuah pernyataan, seperti dilaporkan VOA, Jumat (16/11/2018).

Sanksi-sanksi AS akan diterapkan di bawah Undang-Undang Akuntabilitas Hak Asasi Manusia Magnitsky Global, yang menghukum mereka yang telah melakukan pelanggaran HAM serius dan tindakan-tindakan korupsi. Pengumuman itu agak mengejutkan, mengingat AS jarang menerapkan sanksi terhadap Arab Saudi.

Mnuchin juga mengatakan, AS melanjutkan upaya-upayanya untuk menentukan apa yang sebenarnya terjadi dan akan meminta pertanggungjawaban semua orang yang terbukti bertanggung jawab atas kematian jurnalis itu.

AS mengumumkan sanksi-sanksi itu beberapa jam setelah jaksa penuntut umum Arab Saudi meminta hukuman mati untuk lima tersangka dalam pembunuhan Khashoggi. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x