Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 11:28 WIB

AS Tetapkan Putra Pemimpin Hizbullah Teroris

Kamis, 15 November 2018 | 10:34 WIB
AS Tetapkan Putra Pemimpin Hizbullah Teroris
(Foto: AP)

INILAHCOM, Washington DC--AS secara resmi menetapkan Jawad Nasrallah--putra pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah-- dan Brigade Al-Mujahidin (AMB), kelompok yang terkait dengan Hizbullah, sebagai teroris global. Demikian laporan yang dikutip dari VOA, Kamis (15/11/2018).

Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa Jawad Nasrallah dan AMB memperoleh sumber daya untuk merencanakan dan melaksanakan serangan teroris. Wartawan VOA Zlatica Hoke melaporkan tindakan tersebut untuk mempertahankan momentum sanksi AS terhadap Iran.

Pengumuman itu disampaikan di tengah-tengah kekerasan baru antara kelompok-kelompok Palestina di Gaza dengan Israel.

AS menuduh Iran menyediakan senjata, pelatihan, dan pendanaan kepada militan di wilayah tersebut.

"Izinkan saya menyebutkan beberapa angka: Iran mengeluarkan 700 juta dolar setahun untuk Hizbullah Lebanon. Iran memberikan lagi US$100 juta untuk berbagai kelompok teroris Palestina, termasuk Hamas. Digabungkan dengan dana yang diberikan Iran kepada teroris lainnya, total jumlahnya mendekati US$1 miliar setahun," kata Nathan Sales, pejabat Deplu AS.

Pejabat AS mengatakan dengan dukungan Iran, Hizbullah membangun gudang persenjataan yang kuat dan punya pengaruh mendestabilisasi di seluruh Timur Tengah. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x