Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 19:09 WIB

Bantuan Pangan ke Yaman Diperbesar

Jumat, 9 November 2018 | 08:48 WIB

Berita Terkait

Bantuan Pangan ke Yaman Diperbesar
Warga Yaman kelaparan - (Foto: USjournal)

INILAHCOM New York--Program Pangan Sedunia (World Food Programme/WFP) berencana menggandakan program bantuan pangannya untuk Yaman guna mencegah kelaparan massal di negara termiskin di dunia Arab tersebut.

"Yaman adalah negara dengan krisis kelaparan terbesar di dunia. Jutaan orang hidup di ambang kelaparan dan situasinya bertambah buruk hari demi hari," kata WFP dalam pernyataan yang dikutip dari VOA, Jumat (09/11/2018).

WFP telah menyalurkan bantuan pangan kepada 7 sampai 8 juta rakyat Yaman.

Sebelumnya, Norwegian Refugee Council menyatakan jutaan orang Yaman semakin mendekati kelaparan dan penyakit mematikan satu tahun setelah koalisi pimpinan Arab Saudi memblokade jalur laut, darat dan udara di negara tersebut.

Koalisi pimpinan Saudi yang memerangi pemberontak Syiah Houthi dukungan Iran telah menutup akses ke Yaman pada November tahun lalu setelah serangan misil pemberontak yang menarget ibukota Saudi, Riyadh.

Jan Egeland dari Norwegian Refugee Council, menyatakan "12 bulan terakhir telah menjadi mimpi buruk tiada henti bagi warga sipil Yaman."

Koalisi pimpinan Saudi telah berperang melawan pemberontak Houthi sejak Maret 2015 dalam konflik yang telah menimbulkan krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Menurut organisasi amal tersebut, perang di Yaman telah menyebabkan 12 juta orang berisiko menghadapi kelaparan dalam waktu dekat. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x