Find and Follow Us

Kamis, 20 Juni 2019 | 18:35 WIB

Korut dan Korsel Adakan KTT di Panmunjom

Senin, 15 Oktober 2018 | 19:56 WIB
Korut dan Korsel Adakan KTT di Panmunjom
Ri Son Gwon, ketua Komite Reunifikasi Damai Korea Utara (kiri) berjabat tangan dengan Menteri Unifikasi Korea Selatan Cho Myoung-gyon sebelum pertemuan di Panmunjom, Senin (15/10). - (Foto: voa)

INILAHCOM, Panmunjom--Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) hari Senin (15/10/2018) mengadakan pembicaraan tingkat tinggi di zona demiliterisasi yang dijaga ketat.

Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon memimpin delegasi beranggotakan lima orang dari Korsel ke Panmunjom. Tim Korsel disambut oleh Ri Son Gwon, ketua Komite Reunifikasi Damai, yang memimpin kontingen Korut.

Dalam pembicaraan hari Senin itu, kedua negara sepakat memulai proyek bersama untuk memodernisasi dan menghubungkan kereta api dan jalan raya sebelum akhir tahun.

Mereka juga setuju untuk mengadakan pembicaraan Palang Merah di tempat tujuan wisata Gunung Kumgang di Korut pada bulan November terkait dengan keluarga-keluarga yang terpisah dari Perang Korea.

Pemimpin Korut Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae-in dalam pertemuan ketiga mereka bulan September setuju untuk mengintensifkan kerja sama lintas batas dan untuk menggalakkan berbagai program untuk mewujudkan era perdamaian di Semenanjung Korea yang tanpa senjata nuklir. [voa/lat]

Komentar

x