Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 10:58 WIB

Jabatan Baru, Menteri Pencegah Bunuh Diri

Rabu, 10 Oktober 2018 | 10:20 WIB

Berita Terkait

Jabatan Baru, Menteri Pencegah Bunuh Diri
Jackie Doyle-Price - (Foto: taxileaks)

INILAHCOM, London--Perdana Menteri Inggris, Theresa May, menciptakan posisi menteri yang baru yang secara khusus bertugas menangani pencegahan bunuh diri.

Untuk mengisi posisi baru tersebut, May menunjuk Jackie Doyle-Price yang sebelumnya menjabat sebagai menteri kesehatan, demikian laporan yang dikutip dari BBC, Rabu (10/10/2018).

May mengatakan peran anyar itu akan membantu pemerintah Inggris dalam menghapus stigma seputar bunuh diri. Berdasarkan data terkini, setiap tahunnya 4.500 orang di Inggris merenggut nyawa mereka sendiri.

Penunjukan Jackie Doyle-Price mengemuka selagi para menteri dan pejabat dari sedikitnya 50 negara berkumpul di London untuk menghadiri pertemuan global tentang kesehatan jiwa.

Pertemuan tersebut bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Dunia pada Rabu ini.

"Kita bisa mengakhiri stigma yang membuat terlalu banyak orang menderita dalam kesunyian, serta mencegah tragedi bunuh diri mengambil terlalu banyak nyawa," kata May.

Selain menunjuk menteri pencegahan bunuh diri, May berikrar menggelontorkan 1,8 juta poundsterling atau sekitar Rp36 miliar untuk lembaga Samaritans agar mereka bisa membantu menyediakan jasa konseling gratis selama empat tahun mendatang.

Profesor Louis Appleby dari Universitas Manchester, yang merupakan salah seorang pakar dalam aksi bunuh diri, mengatakan penunjukan menteri pencegahan bunuh diri merupakan langkah 'penting'.

Menurutnya, bunuh diri bukan hanya berkaitan dengan masalah kesehatan, tapi juga menjadi urusan berbagai badan pemerintah.

Disebutkan Appleby, adanya seorang menteri yang khusus menangani pencegahan bunuh diri akan 'membuka banyak pintu' dan membuat perbincangan soal pencegahan hingga penanganan bunuh diri menjadi lebih mudah.

Meski demikian, ada pula pihak yang mengkritik pemerintah soal kesehatan jiwa. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x