Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 22:04 WIB

Seluruh Anggur di Ladang Dijarah Maling

Selasa, 9 Oktober 2018 | 06:45 WIB

Berita Terkait

Seluruh Anggur di Ladang Dijarah Maling
(Foto: BBC)

INILAHCOM, Deidesheim--Kepolisian di Jerman selatan dikerahkan untuk memburu kawanan pencuri yang menjarah isi seluruh kebun anggur di depan hidung mereka.

Menurut surat kabar lokal Rheinpfalz, yang dikutip BBC, Senin (8/10/2018), polisi menyebut para maling memasuki seluruh sudut ladang perkebunan penuh anggur dengan "menggunakan suatu mesin pemanenan profesional".

Yang paling menyentak bagi polisi adalah kenyataan bahwa kebun anggur itu bukan terletak di lereng bukit yang terpencil, tetapi terletak di pinggir tempat parkir mobil sebuah supermarket besar di pinggiran desa Deidesheim

Para maling yang dilengkapi peralatan canggih itu melancarkan aksi spektakuler itu antara waktu rehat minum teh Rabu pekan lalu dan saat matahari terbenam keesokan hari berikutnya. Mereka berhasil meraup 1.600 kg buah anggur putih yang merupakan bahan untuk membuat anggur Riesling.

Nilai penjarahan besar-besaran dan terang-terangan itu diperkirakan sekitar 8.000 euro (Rp 140 juta).

Polisi berusaha sangat keras untuk memperoleh informasi tentang para maling, karena ini bukan kejadian pertama di kawasan perbukitan di Rhineland itu. Tahun lalu saja, 600-800 kg anggur digondol maling di distrik Bad Duerkheim.

Perbukitan Rhineland terkenal dengan anggur Riesling dan anggur berbuih. Di sana terdapat 13 wilayah penghasil anggur Jerman, meliputi 13.000 ladang yang menyumbang 90% dari seluruh ekspor anggur Jerman.

Sejak pertama kali terjadi, para produsen anggur setempat curiga bahwa dalang pencurian ini adalah para petani anggur pesaing.

Mereka merujuk pada bagaimana para pencuri sangat paham untuk tanpa ragu memilih buah anggur terbaik, mencurinya saat sudah matang dan siap petik, dan membawa peralatan panen yang sangat khusus.

"Motifnya adalah iri hati," kata Stephan Altmann kepada surat kabar Die Welt ketika ladangnya yang pernah memenangkan penghargaan, dijarah dua tahun lalu.

Seorang polisi setempat beralasan, kendaraan dengan mesin panen yang dikemudikan menuju ladang pada saat senja adalah pemandangan umum di sana, dan karenanya tidak menimbulkan kecurigaan.

Tampaknya para pengrajin anggur Deisdesheim perlu mempertimbangkan saran dari para petani tetangga mereka di wilayah Prancis yang bersebelahan, di distrik Soultz-Haut-Rhin.

Menurut laporan saluran televisi France3, pencurian anggur di sana menurun drastis setelah diturunkannya petugas siskamling yang melakukan patroli dengan berkuda. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x