Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 15:35 WIB

Dua Pemimpin Korea akan Bertemu Ketiga Kali

Rabu, 5 September 2018 | 20:07 WIB

Berita Terkait

Dua Pemimpin Korea akan Bertemu Ketiga Kali
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. - (Foto: BBC)

INILAHCOM Pyongyang--Sebuah delegasi Korea Selatan telah tiba di Pyongyang, Korea Utara hari Rabu (5/9/2018). Mereka akan merampungkan rencana KTT mendatang antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Delegasi Korea Selatan itu yang dipimpin Eui-yong, penasehat keamanan nasional Presiden Moon, ini menyerahkan sebuah surat pribadi dari presiden tersebut ke Kim. Delegasi Korea Utara dipimpin Ri Son Gwon, ketua sebuah lembaga di Korea Utara yang menangani hubungan antar Korea.

KTT yang direncanakan berlangsung bulan ini di Pyongyang tersebut akan menjadi pertemuan ketiga antara Moon dan Kim tahun ini. Keduanya sebelum telah dua kali bertemu di Panmunjom, desa perbatasan yang menjadi zona demiliterisasi antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Rencana pertemuan bulan ini berlangsung di tengah-tengah kebuntuan pembicaraan antara Korea Utara dan AS terkait laju penghentian program-program nuklir dan misil Pyongyang, yang disepakati kedua negara pada pertemuan bersejarah 12 Juni lalu antara Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump di Singapura.

Kebuntuan itu muncul menyusul keputusan Trump untuk membatalkan kunjungan Menlu AS Mike Pompeo ke Korea Utara bulan lalu. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x