Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 22:08 WIB

Inggris akan Bahas 'Genosida Rohingya' di PBB

Rabu, 5 September 2018 | 07:22 WIB

Berita Terkait

Inggris akan Bahas 'Genosida Rohingya' di PBB
Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London--Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt mengatakan bahwa ia akan melakukan pembicaraan di PBB bulan ini tentang tuduhan bahwa militer Myanmar melakukan genosida terhadap Muslim Rohingya. Dia memperingatkan bahwa pelaku kejahatan itu akan diseret ke pengadilan.

Hunt, yang dikutip VOA, Rabu (5/9/2018), juga mengatakan ingin melawat ke Myanmar bertemu dengan para pemimpin militer dan pemimpin de facto negara Aung San Suu Kyi yang banyak dikritik karena tidak angkat bicara.

"Pembersihan etnis dalam segala bentuk, jika sampai terjadi, tidak dapat dibiarkan tanpa dihukum dan semua pelaku kejahatan yang memualkan ini mesti dihadapkan pada hukum" kata Hunt kepada para anggota Parlemen, Selasa (4/9/2018) waktu setempat.

Misi pencari fakta PBB bulan lalu mengimbau dilakukan penyelidikan dan penuntutan internasional terhadap pemimpin militer bersama lima komandan militer lainnya Myanmar karena melakukan genosida dan kejahatan perang terhadap Muslim Rohingya.

Semua tertuduh menyangkal keras tuduhan, dan Hunt mengakui menyeret para pelaku ke hadapan peradilan merupakan "jalan panjang dan sulit". [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x