Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 13:11 WIB

Dari Chile Dikirim ke Inggris Rampok Orang Kaya

Selasa, 28 Agustus 2018 | 14:31 WIB

Berita Terkait

Dari Chile Dikirim ke Inggris Rampok Orang Kaya
Rumah-rumah orang kaya di bagian tenggara Inggris yang menjadi sasaran sebuah geng kriminal. - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London--Kepolisian Metro London membongkar aksi kejahatan yang dilakukan oleh sekelompok perampok dari Chile yang diterbangkan ke London oleh sebuah geng kriminal untuk menyasar rumah-rumah orang kaya di bagian tenggara Inggris.

Para perampok menyasar ratusan rumah, berhasil mengumpulkan barang-barang mewah senilai lebih dari 1 juta (atau sekitar Rp18 miliar) yang lalu mereka kirimkan ke luar negeri. Demikian laporan yang dikutip dari BBC, Selasa (28/8/2018).

Polisi berhasil menghentikan aksi geng kriminal itu dengan melacak kendaraan-kendaraan yang digunakan dalam beberapa perampokan.

Dalam delapan bulan terakhir, Kepolisian Metro London telah menangkap 36 pria, sementara 39 orang lainnya ditahan oleh satuan lainnya.

Penyelidikan yang digelar dengan nama Operation Genie, dilancarkan menyusul serentetan perampokan di London dan Surrey pada tahun 2017 lalu.

Para detektif melacak kendaraan-kendaraan yang digunakan oleh para tersangka dan mendapati para perampok ini melakukan kejahatan seminggu setelah mereka terbang ke negara itu.

Geng kriminal ini memilih rumah-rumah dengan cermat, lalu mereka mencuri barang-barang di rumah yang sering kosong dan lokasinya terpencil di ujung taman atau lapangan golf.

Dalam melakukan aksinya, para perampok naik ke lantai atas melalui bagian atap yang rendah atau menggunakan kursi taman, sehingga lolos dari sensor alarm di lantai dasar dan kemudian menggondol barang-barang seperti pakaian-pakaian rancangan desainer, tas, perhiasan dan jam tangan

Dari sekelompok pria yang ditahan di London, 16 diantaranya telah dihukum karena aksi kejahatan terkait perampokan, dan delapan orang telah dideportasi.

Sementara dua belas orang lainnya telah meninggalkan Inggris setelah dibebaskan.

Para tersangka lain ditahan di Hertfordshire, Surrey dan Sussex.

Pejabat kepolisian yang mengkoordinasi penyelidikan, Tim Court, mengatakan bahwa para penjahat itu "datang ke London dengan tujuan melakukan perampokan". [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x